""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Friday, October 5, 2018

Crew Tebo Top Gali Sejarah Nasi Baibat dari Semabu Seberang

Crew Tebo Top bersama Warga yang sedang mempersiapkan Nasi Baibat

Setiap Daerah mempunyai sejarahnya masing-masing, Begitu pula di Kabupaten Tebo. Jumat 5/10/2018 Crew Tebo Top mencoba menggali salah satu Sejarah di Desa Semabu Kecamatan Tebo Tengah.

Kali ini kita berkesempatan menggali sejarah seputar suatu kebiasaan Jaman dulu yaitu Nasi Baibat.

Crew Tebo Top dan Narasumber

Apakah itu Nasi Baibat? Crew Tebo Top melakukan liputan langsung dilapangan bersama Nara Sumber para sesepuh di Desa Semabu, Pak Wahab, Pak Ahmad dan Kebetulan kita dapat momen bersama Ibu-ibu yang sedang melakukan aktivitas mempersiapkan Nasi Baibat untuk kegiatan Acara MTQ Tingkat Desa yang nanti malam akan dilaksanakan Pembukaannya.

Sedikit dapat diceritakan tentang Nasi Baibat, yaitu adalah Nasi Putih yang telah masak di bungkus menggunakan Daun Pisang. Sebenarnya Nasi Baibat ini bukan hanya di miliki oleh Desa Semabu saja. Hampir seluruh Desa di wilayah Kabupaten Tebo memiliki Nasi Baibat. Akan tetapi dibeberapa tempat sudah mulai hilang dan berganti menjadi Nasi yang dibungkus dengan menggunakan Pembungkus belian. Dahulu banyak daerah Desa maibat nasi untuk makan bersama ketika ada acara Pernikahan, perkembangan jaman merubah beberapa kebiasaan ini, namun hal ini belumlah hilang.

Khusus Kecamatan Tebo Tengah, nampaknya sangat di dukung oleh Camat nya. Alhamdulillah saking mendukung kebiasaan masyarakat yang penuh sejarah ini, Camat Muda Ade Nopriza tidak hanya menikmati makan Nasi Baibat bersama Warga, akan tetapi telah membuat  Baibat menjadi sebuah motif/corak Batik. Tentu hal ini sebagai apresiasi history dari Nilai sejarah itu sendiri. Terima Kasih Pak Camat atas Inovasi tersebut.

Terus bagaimana cerita lebih lanjut tentang Nasi Baibat itu sendiri?? Pantau terus www.tebotop.com , nanti akan kita posting hasil liputan Crew Tebo Top hari ini.

Segenap Crew Tebo Top mengucapkan terima kasih buat seluruh warga Desa Semabu atas sambutan hangatnya, dan Kami mengucapkan Selamat atas Kegiatan MTQ nanti malam, Semoga akan selalu muncul generasi yang cemerlang, Tahfiz Al-Qur'an, Kreatif dan Inovatif.


Sampai Jumpa kawan-kawan.
Tebo makin Top!! (ADS)





No comments:

Post a Comment