""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Saturday, September 19, 2020

4 Catatan Penting Sejarah TEBOTOP di Momen Anniversary Ke-2



Selamat Hari Lahir TEBOTOP Ke-2 Tahun.

Terus Semangat menyebar Manfaat.

Tahun pertama TEBOTOP merayakan Ultah dengan mengadakan kegiatan "COMMUNITY CAMP #2" dengan tema "Besuo Besamo" di lapangan Merdeka Muara Tebo. Kegiatan tersebut meriah diikuti beragam komunitas yang ada di Tebo dengan dasar yang sama yaitu Peduli sesama Komunitas dan bersilahturahmi. Mulai dari Komunitas Motor, Komunitas Mobil, Komunitas Pecinta Alam dan Persembahan kesenian daerah dari desa Sungai Keruh berupa tari. Dokumentasi kegiatan bisa dilihat di chanel Youtube TEBOTOP. Silakan di subscribe, like koment and share.

Berbeda di Tahun 2020 yaitu Tahun Ke-2, Ultah TEBOTOP bakal tanpa perayaan itu semua bertepatan kondisi saat ini. Ditengah wabah pandemi Covid-19, tidak ada kegiatan yang kita lakukan, sama-sama kita berdo'a, semoga kita semua dijauhkan dari virus corona, untuk yang sedang positif semoga kembali sembuh. Serta, Covid 19 berlalu hilang dari negeri ini. Aamiin!


Teruslah menjaga kesehatan dengan menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan menggunakan Masker.


Selalu ada makna dan hikmah dari setiap kejadian, ada cerita dan sejarah dari setiap perjalanan, begitu juga TEBOTOP dengan banyak pemahaman dari kawan, saudara Tebotop di luaran sebagai Sebuah organisasi/perkumpulan/komunitas. Pastinya, memiliki banyak cerita dan sejarah dari awal lahir hingga saat ini di umur ke-2 Tahun.

Catatan sejarah itu sudah terekam melalui setiap momen TEBOTOP berproses. Setidaknya, Semua itu sudah terangkum dan dituliskan melalui blog www.tebotop.com maupun media sosial TEBOTOP lainnya yakni Facebook (Tebotop Makintop) serta Fanspage dan grup , Selain itu melalui Youtube (TEBO TOP) dan Instagram (@tebotop).

Tebotop melalui tulisan ini mengucapkan terima kasih kepada semua yang support Tebotop. Bisa Terlihat dari beberapa catatan perjalanan TEBOTOP yang pernah dimuat di media online dan media cetak yakni portaltebo, suaratebo, jambi tv, tribun jambi, dan tebonetizen.

Untuk Itu, Sekali lagi kami haturkan Terima kasih kepada awak media dari media yang disebut dan tidak yang terus dan peduli melalui Publikasi beberapa kegiatan yang telah TEBOTOP lakukan dan akan terus lakukan.

Dihari Ulang Tahun ke-2 ini kami dari tim TEBOTOP MULTIMEDIA mengulas empat hal catatan sejarah TEBOTOP itu sendiri yakni Sejarah Lahirnya TEBOTOP, Jargon TEBOTOP dan Akronim TEBOTOP.
Sejarah Lahirnya TEBOTOP:

1. Sejarah Lahirnya TEBOTOP:

Rabu malam, 19 Sepetember 2018 di sebuah warung makan bernama Bambu Kuliner di Jl. Lintas Tebo-Bungo KM 4 Kelurahan Tebing Tinggi Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo, telah berkumpul beberapa orang dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Pertemuan yang diprakarsai oleh Oni Suryono, salah seorang penggerak komunitas motor di Muara Tebo.
Obrolan berjalan sembari menikmati sajian dari warung Bambu Kuliner, beberapa anak muda yang hadir pamit pulang lebih dulu, tinggallah 11 orang saat itu yakni :

1. H. Eka Wijaya
2. Oni Suryono
3. Yudha Pranata
4. Ade Nofriza
5. Fajrian Idris (Boy)
6. Andri Mashuri
7. Halley Kawistoro
8. Koko Hadiwana
9. Hendri Iskandar (Tole)
10. Purniawan (Mas Pur)
11. Masmul Hadi (Adhi Sawank)


Semakin malam, obrolan semakin berisi dan penuh semangat, masing-masing dari 11 orang tersebut menyampaikan pendapat. Demokrasi Pancasila seolah telah menjadi nyata.


Dari mulut seorang Waka Polres Tebo saat itu yakni Yudha Pranata, kemudian tercetuslah nama TEBOTOP, yang diambilnya dari sisa 4 potong stick kentang goreng di dalam piring lonjong berwarna hijau. Ia juga menyampaikan 4 Pilar yang menjadi dasar dari TEBOTOP itu sendiri yakni Agama, Sosial dan kemanusiaan, Seni dan budaya, dan Ekonomi Kreatif.

Selanjutnya, atas ide Camat Tebo Tengah, Ade Nofriza, kemudian sajian 4 buah stick kentang dan saos di dokumentasikan untuk dijadikan sebagai Logo TEBOTOP!

Saat itu juga susunan kepengurusan terjadi, 3 pembina saat itu yakni H. Eka Wijaya, Yudha Pranata, Ade Nofriza.

Terpilih secara Aklamasi sebagai ketua TEBOTOP yakni Fajrian Idris atau yang akrab disapa Boy.

Sekretaris, Koko Hadiwana, Seksi Seni Budaya : Halley Kawistoro dan Hendri Iskandar, Seksi Sosial dan Kemanusiaan : Oni Suryono dan Purniawan, Seksi Ekonomi Kreatif : Adhi Sawank

2. Jargon TEBOTOP :

Selang 4 hari pasca lahir, tepatnya 22 September 2018, Adhi Sawank berinisiatif membuat blog TEBOTOP dan memposting tulisan pertama kali dengan judul 'Uji Coba' lengkap dengan sebuah jargon berbunyi TOP TOP TOP TEBO MEMANG TOP!

Seiring perjalanan, kalimat singkat itu berubah menjadi TOP TOP TOP TEBO MAKIN TOP!

Perubahan kata Memang menjadi Makin terjadi setelah adanya diskusi bersama salah satu pembina TEBOTOP, Yudha Pranata di ruang kerjanya Mapolres Tebo yang selanjutnya disepakati Bersama-sama semua founder dalam pertemuan lainnya di Sekretariat TEBOTOP.

Tidak terasa sudah 2 Tahun jargon tersebut digaungkan, semoga makin memberikan semangat untuk kita semua manjadikan Tebo Makin Top!!!

3. Akronim TEBOTOP:

Belum genap 1 bulan lahir, TEBOTOP berkesempatan tampil di pameran Ulang Tahun Kabupaten Tebo Ke-19 Tahun (12 Oktober 2018).

TEBOTOP hadir dengan mengisi salah satu stand yang ada di Lapangan Merdeka Muara Tebo. Selain stand, TEBOTOP juga mengisi acara pada malam harinya dengan menampilkan band perform dipanggung utama.

Dari acara ini pula lahir sebuah akronim TEBOTOP yang dicetuskan oleh Koko Hadiwana yakni “TETAP ELOK BUDAYO ORANGNYO TETAP OKE PERILAKUNYO”.

Selanjutnya memasuki 1 Tahun TEBOTOP pada Tahun 2019, akronim itu berubah menjadi “TERAMPIL EFEKTIF BERUSAHA OPTIMAL TANGGUH OPTIMIS PEDULI”. Dicetuskan oleh Halley Kawistoro.

4. TEBOTOP Itu Founder, Superteam, Komunitas, dan Netizen atau Masyarakat :

Istilah FOUNDER pada awal berdiri TEBOTOP adalah orang-orang yang mencetuskan lahirnya TEBOTOP dan berkegiatan Bersama-sama. Namun, seiring waktu dengan pergantian posisi personel yang tidak seiring sejalan, punya aktivitas lain yang tidak bisa ditinggalkan atau memang pilihan sadar tidak lagi menjadi bagian dari Tebotop itu sendiri.


Bisa saja di masa yang akan datang istilah Founder adalah Alumni dari TEBOTOP. Namun, untuk saat ini Istilah Founder yang ada adalah orang-orang yang ada dalam grup Founder, Orang-orang yang peduli baik secara materi, moril dan tenaga berkontribusi dalam kegiatan yang dilakukan Tebotop.




Istilah SUPERTEAM muncul dari kegiatan perayaan HUT TEBOTOP di lapangan merdeka. Sebutan ini merupakan sebuah penghargaan kepada mereka yang support kegiatan mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan yang alhamdulliah sukses di gelar.


Superteam merupakan bagian keluarga TEBOTOP itu sendiri mereka anak-anak muda yang peduli TEBOTOP dan punya kreativitas. Menyempatkan diri untuk berlelah Bersama dalam kegiatan Tebotop. Saat ini, pun mereka selalu siap sumbang pikiran dan tenaga dalam beragam kegiatan Tebotop. 


TEBOTOP tak lepas dari Komunitas yang ada di Kabupaten Tebo. Melalui rekam jejak kegiatan yang pernah Tebotop lakukan Komunitas menjadi bagian dari TEBOTOP itu sendiri. Ikatan yang terbentuk Bersama-sama komunitas adalah berkegiatan Bersama-sama dalam hal positif seperti kegiatan kemanusiaan dan bakti sosial.


Untuk Saat ini NETIZEN Atau Masyarakat telah punya peran yang luar biasa bagi TEBOTOP. Mereka melalui jejaring media sosialnya punya andil yang begitu berarti untuk setiap perjalanan/kegiatan yang TEBOTOP Lakukan. Selain itu, dalam kegiatan Penggalangan Dana melalui TEBOTOP FOUNDATION mereka memberikan kepercayaannya kepada TEBOTOP untuk berbagi dan peduli satu sama lain.

Hal ini dapat dibuktikan hanya melalui himbauan di jejaring sosial kemudian mereka melakukan transfer ke rekening TEBOTOP FOUNDATION. Terus peduli untuk sesama.


Berikut ini Founder TEBOTOP Aktif:

1. H. Eka Wijaya
2. Barmawi
3. Yudha Pranata
4. Fajrian Idris (Boy)
5. Andri Mashuri
6. Yusuf
7. Halley Kawistoro
8. Masmul Hadi (Adhi Sawank)
9. Rinto Rezeky
10. Galuh Prasetya Wibawa
11. Purniawan

Sekian 4 catatan penting sejarah TEBOTOP di Momen Anniversary Ke-2 , beberapa catatan sejarah lainnya telah pernah dituliskan sebelumnya. Atau yang belum pernah akan dituliskan dikesempatan lainnya.

Semoga TEBOTOP terus menebar manfaat, berkontribusi memberikan warna di Kabupaten Tebo tercinta.
Saran dan masukan silakan kepoin Akun media sosial kami.

Sebagai informasi, hingga saat ini juga kami melalui Divisi Ekonomi Kreatif TEBOTOP Florist masih menerima jasa sewa papan ucapan karangan bunga.

Salam dari kami


TOP TOP TOP TEBO MAKIN TOP!!!


(By : TEBOTOP MULTIMEDIA)

No comments:

Post a Comment