""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Thursday, September 3, 2020

Mengenal FOPPSI TEBO Yang Bersinergi Dengan DISDIKBUD TEBO Bawa Nama Harum Pendidikan Kabupaten Tebo di Tingkat Nasional

Mengenal FOPPSI TEBO Yang Bersinergi Dengan DISDIKBUD TEBO Bawa Nama Harum Pendidikan Kabupaten Tebo di Tingkat Nasional.

Top Top Top
Tebo Makin TOP

Sebuah Informasi Menarik di tengah kegelisahan masyarakat kita Indonesia tentang masih adanya rasa kekhawatiran terhadap Pandemi Covid 19 yang mempengaruhi semua sektor. Termasuk sektor pendidikan. Namun, Dunia Pendidikan di Kabupaten Tebo patut bersyukur dan berbangga. Sebuah Prestasi diraih dalam dunia pendidikan.

"KABUPATEN TEBO Menjadi Kabupaten dengan Peringkat Pertama Nasional dalam Hal Pendataan dalam Dunia Pendidikan di bawah naungan KEMENDIKBUD di Tahun Ajaran 2020/2021."  

Berikut ini Sebuah Potongan Gambar Jejaring Facebook terkait Tulisan Ini.
Pendataan Pendidikan Kabupaten Tebo Peringkat Satu Nasional per Kamis 3 September 2020.
 

Pastinya sebuah keberhasilan ada faktor yang mempengaruhinya. Ternyata dibalik keberhasilan tersebut ada sebuah Organisasi Bernama FOPPSI yang menjadi salah satu faktor motor penggerak keberhasilan tersebut. 

Mengenal FOPPSI TEBO

FOPPSI atau Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia adalah Organisasi Perjuangan, Organisasi Profesi dan Organisasi Ketenagakerjaan FOPPSI adalah organisasi yang bersifat : Unitaristik tanpa memandang perbedaan Ijazah, Tempat Kerja, Kedudukan, Agama, Suku, Golongan, Gender, Dan Asal-Usul. Independen yang berlandaskan pada prinsip kemandirian organisasi dengan mengutamakan kemitrasejajaran dengan berbagai pihak. Non partai politik, bukan merupakan bagian dari dan tidak berafiliasi kepada partai politik.

FOPPSI hadir merangkul semua operator sekolah dari semua jenjang pendidikan mulai dari TKA/PAUDNI sampai SMA/SMK termasuk kawan-kawan operator yang berada di bawah naungan KEMENAG tanpa diskriminatif! dengan FOPPSI para operator sekolah beriring sejalan "berdiri sama tinggi duduk sama rendah berjuang demi terwujudnya misi mulia yaitu sistem pendataan pendidikan Indonesia yang tepat dan akurat. Dengan terciptanya pendataan yang tepat dan akurat maka akan menjadi referensi utama bagi pemerintah dalam merealisasikan pembangunan di bidang pendidikan. termasuknya di dalamnya menjadi acuan dalam menggelontorkan aneka dana pendidkan mulai dari dana beasiswa bagi siswa, dana rehab/pembangunan sekolah, sampai pada aneka tunjangan bagi guru (tunjangan profesi).

VISI MISI FOPPSI TEBO
Visi :

Terwujudnya Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia yang Profesional solid dalam pelaksanaan administrasi pendidikan berbasis imtek di Kabupaten Tebo

Misi :

1. Mewujudkan Cita-cita Proklamasi :
FOPPSI Kabupaten Tebo bersama komponen yang lain berjuang,  berusaha secara konsisten mempertahankan dan   mengisi kemerdekaan sesuai Pancasila dan  Undang Undang Dasar 1945.

2. Mensukseskan Pembangunan Kabupaten Tebo :
FOPPSI Kabupaten Tebo bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo  malaksanakan pembangunan bangsa khususnya di bidang pendataan di Kabupaten Tebo.

3. Memajukan Pendataan Nasional :
FOPPSI Kabupaten Tebo selalu berusaha untuk terlaksananya Sistem Pendataan Nasional berbasis ITE, berusaha selalu memberikan masukan-masukan tentang pendataan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

4. Meningkatkan Profesionalisme Operator :
FOPPSI Kabupaten Tebo berusaha dengan sungguh-sungguh agar Operator  Pendataan Pendidikan menjadi profesional sehingga pendataan pendidikan di Kabupaten Tebo tepat,akurat dan terpercaya.
 
5. FOPPSI Kabupaten Tebo bekerjasama dan bermitra dengan pihak – pihak lain terkait
    pendataan.

6. FOPPSI Kabupaten Tebo berusaha melindungi seluruh Anggotanya.

FOPPSI Kabupaten Tebo pada periode 2017-2020 di ketuai oleh DADANG JUARA SETYO NUGROHO,S.Pd, habis masa bhakti sesuai dengan perubahan AD/ART, untuk periode 2020-2025 di jabat oleh HARYOTO,S.Pd. SD.


Dari tahun ketahun terkait progress pengiriman DAPODIK (Data Pokok Pendidikan) alhamdulilah Kabupaten Tebo mulai Tahun 2018 hingga saat ini menduduki peringkat 1 Nasional, ini berkat Kerjasama semua pihak terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Tebo.


Narasumber : HARYOTO, S.Pd. SD. (Ketua FOPPSI Kab. TEBO 2020/2025)

Selain hal di atas ada yang menarik dari cerita Pak Haryoto selaku ketua Foppsi Tebo melalui aplikasi pesan singkat. Ia menceritakan tentang sebuah sistem dan kerjasama yang baik. Semua operator pendataan saling bahu membahu. setiap kecamatan memiliki ketuanya masing-masing yang akan mengkomunikasikan semua kendala yang ada dalam pendaataan berbasis aplikasi Online dan Offline tersebut.

Dari Dinas pendidikan Tebo pun ikut turun ke setiap kecamatan demi pendataan yang hubungan nya nanti dengan penyelenggaraan sekolah di bawah naungan Kemendikbud. Bisa saja sekolah yang tidak mengirim data tepat waktu akan mengalami kerugian berupa tidak menerimanya Dana Bantuan Operasional Sekolah atau biasa dikenal dengan dana Bos yang menjadi penting dalam penyelenggaraan pembelajaran di Sekolah.

Haryoto pun bercerita tentang Harapan FOPPSI bisa merealisasikan Data Pendidikan yang berkualitas, baik jenjang TK,KB,PAUD,SPS,TPA,RA,PKBM, SD Negeri/swasta, dan SMP Negeri/swasta di bawah naungan Disdikbud Tebo, serta SMA/SMK.  serta Sebagian besar Operator Sekolah yang berstatus honor sekolah mendapat perhatian baik secara nasional maupun di Tingkat Kabupaten Tebo sendiri.

Semoga kita juga merasakan kebanggaan sama. Bagi siapa saja, Komunitas apa saja, Organisasi Apapun yang telah berbuat untuk kemajuan di Kabupaten Tebo Ini.

Lainnya,  Terkait dengan dunia pendidikan yang terdampak dari Pandemi. Melihat tugas Menjadi Seorang operator sekolah yang bisa dikatakan punya kemampuan dalam hal teknologi. Operator sekolah bisa menjadi Influencer bagi Masyarakat sekolah baik dari Pimpinan, Guru dan Peserta didik dalam hal peningkatan Kemampuan Ilmu Teknologi.

Terimakasih Kepada Sdr. HARYOTO, S.Pd, SD. yang menjadi narasumber dan memberikan Informasi terkait Tulisan Ini.

Kami TEBOTOP Mengucapkan Selamat bagi FOPPSI Tebo dan Disdikbud Tebo yang membawa Harum nama Kabupaten TEBO sebagai Kabupaten Teratas dalam pendataan Pendidikan secara nasional. Satu Kata untuk Foppsi Tebo, TOP Teruss dan Makin TOP. 

Salam dari Kami
TEBOTOP.

Top Top Top
TEBO Makin TOP

By: TEBOTOP MULTIMEDIA


No comments:

Post a Comment