""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Thursday, July 25, 2019

6 M Untuk Kesuksesan Dalam Kewirausahaan Memaknai Kesimpulan H. Eka Selaku Pembina TEBO TOP Tentang Wirausaha


6 M Untuk Kesuksesan Dalam Kewirausahaan Memaknai Kesimpulan H. Eka Selaku Pembina TEBOTOP Tentang Wirausaha

H. Eka Wijaya Pembina TEBO TOP


Top Top Top Tebo Makin Top

Terima kasih telah berkunjung dan mampir di Blog/web Sederhana TEBOTOP. Seorang manusia adalah apa yang ia lihat, dengar dan rasakan. Pesan ini kami sampaikan dan silahkan disimpan dalam sebuah tempat yang bisa kalian ingat selalu.

Sekilas dalam sebagian pikiran anda para pembaca tentunya akan berasumsi tentang UANG dalam membangun sebuah usaha ekonomi. Mari kita analogikan berbeda UANG: Usaha, Antusias, Nekat, Dan Goal. Sedikit memaksa namun memberi arti Positif. Setiap kegiatan apapun yang akan kita lakukan tentunya berhubungan dengan ‘Usaha’. 

Keberhasilan juga bisa ditentukan dengan usaha yang telah dilakukan seseorang. Antusias bagi TEBOTOP adalah sebuah bentuk semangat yang tak pernah surut, tak pernah padam. Kita juga tak perlu melanjutkan dengan lagu ‘walau badai menghadang’. Antusias adalah bentuk keyakinan yang akan selalu tertanam untuk meraih sebuah tujuan. Titik terendah kata Antusias bermakna hobi atau menyukai sesuatu dengan focus tanpa terbebani dilandasi dengan rasa cinta tentunya. NEKAT kata yang sedikit membuat kita antipasti mendengarnya. Namun, jika di sinonimkan dengan Berani, Ternyata Nekat lebih Unggul. Banyak Pengusaha Sukses bermodalkan nekat? Luar biasa kan!! Nekat juga di maknai sebaga sebuah rasa berani yang berlebih tanpa ada keraguan terhadap semua usaha yang telah dilakukan. Gagal, gagal, gagal, dan bangkit lagi lalu berhasil itulah Nekat yang TEBOTOP defenisikan.

Selanjutnya, Goal kata dari Bahasa di luar sana yang sering di teriakan dalam sebuah stadion bola. GOALLLLLLL, yang berarti mendapatkan hasil dari sebuah usaha yang dilakukan. Siapapun dari kita yang berkegiatan pinjam istilah keren ‘Nonsense’ atau Omong kosonglah kalau tidak berharap terhadap hasil. Namun, ada hal yang lebih penting kami TEBOTOP yakini. Kami berbuat atas dasar peduli didasari proses yang kami lakukan. Goal juga bukan dihitung  jumlah yang didapatkan,  melainkan sebuah hasil yang bisa di dapat dengan usaha yang dilakukan. Sampai GOALLLLL yang akan terus kami buat untuk TEBO MAKIN TOP.

Wah..sedikit membara luar biasa. Tulisan di atas. Mari kita lanjutkan 6 M Untuk Kesuksesan dalam kewirausahaan. Kita mulai dari:

1. Mencari Pasar
Sebelum memulai usaha kewirausahaan tentunya dimulai dengan mencari pasar? Kenapa begitu? Ya harus begitu! Kegiatan mencari pasar adalah sebuah proses alami melalui survey dan observasi. Usaha yang akan kita lakukan apakah akan berkembang atau tidak. Apalagi kegiatan kita merupakan kegiatan kewirausahaan hilir yang berorientasi pada distribusi barang atau jasa.

Jika usaha kita berhubungan dengan jasa tentunya pasarnya adalah siapa orang yang akan memakai jasa kita. Namun, jika berhubungan dengan usaha ekonomi barang. Tentunya, siapa koinsumen kita. Itu semua adalah bagian dari Mencari Pasar. Kalua dinyanyikan seperti lagu Rhoma irama ‘mencari pasar tidak mudah, apabila untuk mencari untung’ jadi tetap semangat dan berusaha ya.

2. Memproduksi Dan Memulai
Tahapan ini menjadi bagian penting dalam proses kewirausahaan. Memproduksi artinya kita lakukan tahapan awal dengan sumber yang ada. Apakah modal atau bahan baku. Sebuah percobaan dengan produksi terbatas. Kecuali jika sudah mendapat pasar, produksi bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan pasar itu sendiri.

Memulai bisa dihubungkan dengan semua kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan barang atau jasa. Seperti kata di atas ‘Nekat’ artinya kita tidak tahu apa yang akan terjadi jika kita tidak pernah memulainya.

Mari tanamkan dalam diri dengan segenap keyakinan untuk memulai semua usaha anda tentang Kewirausahaan.

3. Memilih jenis usaha
Kegiatan ini sebagai bentuk tahapan mengetahui tentang apa yang telah dilakukan dalam proses kewirausahaan. Penentuan jenis usaha pun bisa dilakukan sebelum dan sesudah kita memulai. Namun, secara teoritis alangkah baiknya proses ini dilakukan di awal kita akan memulai wirausaha.

4. Mengetahui klaster konsumen
Tahapan ini juga sebagai dasar dalam kegiatan wirausaha. Artinya siapa konsumen kita di analisis dengan produki yang akan dilakukan. Latar belakang lainnya juga bisa menjadi sebuah pengetahuan dalam proses wirausaha untuk meminimalisasi kegagalan atau kerugian.

Kegiatan ini juga bisa menjadi dasar penentuan harga terhadap barang ata jasa yang akan di tawarkan sesuai dengan keadaan pasar.

5. Menentukan lokasi dan pesaing
Teknologi yang pesat meringankan kegiatan wirausaha. Semua orang saat ini dengan gadget/gawai di tangan bisa memulai wirausaha dalam bentuk pasar digital. Namun, tidak melepaskan pemahaman akan keadaan di lapangan. Selain itu, mengetahui pesaing juga dapat membantu memberi gambaran awal untuk melakukan kegiatan wirausaha.

6. Mempelajari usaha yang telah dilakukan
Tahapan ini merupakan proses Analisa tentang usaha yang telah dan akan dilakukan. Intinya terus belajar dan tidak menyerah dengan keadaan atau hasil yang belum sesuai. Jika dirasa belum mendapatkan hasil yang sesuai teruslah mencoba dan pelajari bagian mana yang belum sesuai. Kegagalan adalah ketika anda berhenti untuk mencoba dan keberhasilan adalah ketika anda terus melakukan usaha.

Itulah sebuah konsep tentang bagaimana memulai wirausaha yang bisa anda pahami dengan penyampaian yang simpel. 6M versi TEBOTOP ini adalah sebuah semangat yang ingin kami tularkan bagi anda ‘Yang Muda Yang Kreatif’

By : TEBOTOP Multimedia

No comments:

Post a Comment