""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Wednesday, February 26, 2020

TEBO TOP Pada Pelatihan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata Oleh DISPORAPAR TEBO

TEBO TOP Pada Pelatihan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata 
Oleh: DISPORAPAR TEBO

Top...Top.. Top...

Tebo Makin Top

Rabu Pagi ini, 26 Februari 2020. Untuk kesekian kali TEBO TOP mendapat atensi dari Pemkab Tebo. TEBO TOP di undang untuk menghadiri kegiatan yang diadakan oleh DISPORAPAR (Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat, pemuda-pemudi dan komunitas-komunitas di Kabupaten Tebo untuk Peduli dan mengambil perannya masing-masing dalam mengembangkan pariwisata yang ada di kabupaten TEBO.

Kegiatan dibuka mulai pukul 08.00 wib bertempat di Hotel Alya. Para peserta pun meregistrasi kehadiran. TEBO TOP mengutus dua personilnya yaitu Rinto dan Adhi untuk menghadiri kegiatan tersebut. Kegiatan yang bertema "Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata". 

FOTO Bersama di Kegiatan: Peserta dan Pelaksana. Sumber : www.tebotop.com
Setelah peserta berkumpul. Acara pun dimulai dan dibuka oleh panitia. Pembukaan oleh panitia dengan pemaparan dari Indah selaku Pelaksana kegiatan. Dasar Kegiatan ini adalah DPA DISPORAPAR Tahun anggaran 2020. Merupakan program pengembangan dari Kementerian yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat. Sasaran peserta merupakan; Pelaku UKM, Pemilik Hotel, HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Kabupaten Tebo, serta Penggiat Pariwisata. Semua dana bersumber dari APBD Pemkab Tebo.

TEBO TOP juga telah bisa dijadikan sebagai salah satu wadah pemuda-pemudi Tebo untuk mengenalkan dan mempromosikan Pariwisata di Kabupaten Tebo yang bisa anda lihat di Channel Youtube TEBO TOP. Sebagai Penggiat Pariwisata pelatihan seperti ini sangat bermanfaat bagi kami. melalui tulisan ini kami ingin menyampaikan dan berbagi Informasi atas apa yang kami dapatkan dalam kegiatan tersebut.

Pemaparan Kegiatan Oleh Kadis DISPORAPAR Kab. Tebo oleh www.tebotop.com


Selanjutnya acara mendengarkan paparan dari Bpk. Mardiansyah, S.E.,M.E Selaku Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tebo. Pemaparan yang berisi tentang potensi yang ada di kabupaten Tebo untuk dijadikan destinasi wisata yang tidak hanya bagi pengunjung lokal. Bila dikembangkan akan menjadi salah satu pariwisata nasional dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah kita Kabupaten Tebo. Bapak Kadis Berujar "Tebo memiliki Tanggo rajo dan telah dibangun menara pandang, Selain itu ada Danau Sigombak yang bisa dikelola oleh desa dengan kegiatan yang ada seperti wisata danau sigombak, Budaya Mandi Balimau, Lomba Perahu, Rumah Tradisional dan Makam Tenggadis Elok. Selain itu kita juga punya potensi dalam hal kekayaan Fauna dengan Populasi Gajah yang lebih banyak dari provinsi Lampung, informasi ini kita dapatkan dari KSDA, kabarnya juga  direncanakan akan ada EKO WISATA". 

Melalui Pemaparan di atas TEBO TOP meyakini TEBO bisa menjadi Kabupaten yang memiliki Spot dan destinasi pariwisata yang menarik dan diminati pengunjung baik dalam dan luar negeri sebagai sebuah harapan yang bisa kita realisasikan bersama-sama.

Masuk di Kegiatan Inti. DISPORAPAR menghadirkan Saudara ROY MARDIANTO yang merupakan seorang Praktisi dalam bidang Pariwisata dari Provinsi Jambi. Pria tambun ini memulai memaparkan dan membagikan ilmunya dengan santai dan bersahabat. Pria ini juga tergabung dalam PADMASANA FOUNDATION.

Selama Sesi Pemaparan Materi di jelaskan tentang Langkah dan Strategi Pengembangan Desa Wisata dan Pola Kemitraan Dalam Desa Wisata, ada 3 S yang perlu dipertimbangkan dalam Desa Wisata yaitu Something to See (sesuatu yang bisa kita lihat), Something do to (sesuatu yang bisa dilakukan), Something to buy (Sesuatu yang bisa dibeli), pola terbentuknya Desa Wisata adanya pemetaan terkait Potensi Alam, Potensi Budaya, Potensi Kerajinan, Potensi Kuliner, dan Potensi Lainnya.

"Dalam membangun potensi Wisata itu sendiri, ada beberapa kendala yang ditemukan di lapangan, untuk mengatasi hal tersebut, trik utamanya adalah Transparasi dengan semua pihak, dan mengedepankan Team Work, selain itu perlu mengindentifikasi masalah sehingga menimbulkan solusi untuk mengatasinya" ujar Roy Mardianto.

Selanjutnya pada hari ini pula setelah Istirahat Sholat dan Makan semua peserta menikmati suasana di atas Menara Pandang yang telah di bangun di lokasi wisata taman tanggo rajo.

Semoga apa yang telah di bangun oleh pemerintah ini dapat kita jaga bersama.

TEBO TOP Dan DISPORAPAR oleh : www.tebotop.com


salam dari kami

Top Top Top Tebo Makin Top.

TEBO TOP MULTIMEDIA



No comments:

Post a Comment