""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Friday, February 28, 2020

Keistimewaan Hari Jum'at Berdasarkan Sejarah Dan Ibadahnya Bagi Umat Islam

Keistimewaan Hari Jum'at Berdasarkan Sejarah Dan Ibadahnya Bagi Umat Islam 

Top Top Top

Tebo Makin Top

Hari Jumat Identik sekali dengan pelaksanaan Ibadah Sholat Jum'at bagi Umat Islam. Bagi anda yang beragama Islam tentunya sudah punya banyak referensi dan pandangan tetang dengan salah satu hari yang memiliki banyak keutaamaan ini. Bukan berarti hari Jumat adalah hari yang paling spesial. Namun, bila dirunut dari sejarah beberapa referensi. Hari Jumat memiliki pesan penting bagi penganut agam Islam.

Ada beberapa sejarah penting yang berhubungan dengan Hari Jumat diantaranya :

1. Hari Jum'at merupakan hari dimana Nabi Adam A.S. 

2. Hari Jum'at merupakan hari yang dijadikan hai raya oleh Rosulullah Shalallahu 'alaihi wasallam. 

3. Hari Jum'at berdasarkan dan diriwayatkan Abu Hurairah dalam shahih Muslim. Beliau bersabda "Sebaik-baik Matahari Terbit adalah pada Hari Jum'at.

4. Hari Jum'at juga merupakan hari yang diyakini Umat Islam sebagai hari dimana umat Islam Dimasukkan ke surga dan dikeluarkan dari Neraka.

5. Sebelum datangnya agama Islam Hari Jumat punya nama lain yaitu Hari 'Arubah yang juga disebut sebagai hari Kasih Sayang.  

Tentunya beberapa sejarah penting di atas dapat menambah wawasan kita dan sebagai Informasi sederhana yang bisa juga kita mencari literasi lagi yang lebih dapat meyakinkan anda semua. Selain itu juga Hari Jumat punya keistimewaan yang berhubungan dengan Ibadah-Ibadah yang dilakukan oleh Umat Islam.

Keistimewaan Hari Jumat oleh :www.tebotop.com


Beberapa Keistimewaan hari Jumat adalah Sebagai berikut:

1. Ibadah Sholat Jum'at atau yang biasa kita sebut dengan Jumatan merupakan ajang berkumpul Pria muslim untuk bersilahturahmi, berkumpul dan Saling menasehati.

2. Bagi yang datang pada awal waktu dalam Ibadah sholat Jum'at akan mendapat ganjaran pahala dari setiap langkahnya menuju masjid dengan pahala setahun bersamaan dengan puasa dan qiyamnya.

3. Bagi Pria Mandi di Pagi Hari Jumat bila diniatkan akan menjadi Bernilai seperti nilai Ibadah yang dilakukan. Artinya mandi yang seperti ibadah bisa dilakukan di hari Jumat bagi Pria muslim yang tentunya akan melaksanakan Sholat Jum'at.

4. Keistimewan Ibadah sholat jumat juga bisa di sebut sebagai silatuhrahmi Mingguan dalam bahasa lain disebut "Mu'tamar Usbu'iy" dan Mempunyai Nilai tinggi dalam kemasyarakatan yang disebabkan sebagai momen mempertemukan sesama unat Islam di suatu daerah maupun dengan musafir yang ikut beribadah.

Bagaimana Pendapat anda rekan-rekan TEBO TOP. Jadi. Bila hari Jumat Tiba. Jangan Lupa untuk beribadah sholat Jumat dan mendapatkan banyak kebaikan di dalamnya baik dimulai dari Niat dan Ibadah yang menyertai.

Semoga kita semua selalu dipersatukan melalui beragam cara untuk terus menebar kebaikan dan kepedulian antar sesama. Serta menjalin silahturahmi melalui sholat Jum'at berjamaah bagi yang menjalankan Ibadah.

Selamat Jum'at an. TOP untuk Kita semua.

Sumber: Literasi dari beberapa bacaan tentang Ibadah Sholat Jum'at.

Hormat Kami

TEBO TOP MULTIMEDIA




No comments:

Post a Comment