""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Tuesday, March 24, 2020

Peringatan Isra Mir'aj Berlalu Membawa Pesan Kebersihan Hati Melawan Covid-19

Isra Miraj Berlalu Membawa Pesan Kebersihan Hati Melawan Covid-19

Top Top Top
Tebo Makin Top

Minggu 22 Maret 2020, yang bertepatan dengan salah satu hari besar agama islam yaitu peristiwa Isra Mir'aj. Dalam Penanggalan hijriah, Isra Mir'aj Diperingati pada tanggal 27 Rajab setiap tahunnya. Mungkin ada beberapa Masjid Sebagai Rumah Ibadah Umat Islam Yang memperingati perayaan Isra Mir'aj tahun 2020. Namun, Sebaliknya banyak Masjid, musholla belum melaksanakan peringatan salah satu hari besar umat islam.


Dibalik Peristiwa Isra Mir'aj

Tahukah Anda ada sebuah pesan dalam peristiwa Isra Mir'aj. Sebagian dari kita juga menganggap Isra Mir'aj hanya sebuah kisah tentang perjalanan Rasul kita Nabi Muhammad S.A.W dari Makkah ke Baitul maqdis.

Selain itu pada peristiwa itu terjadi Nabi Muhammad S.A.W beserta Umat Islam sedang menghadapi Kezaliman. Tahun peristiwa dimana Nabi mengalami kesedihan mendalam tentang kehilangan orang orang yang disayanginya yaitu pamannya Abu Thalib dan Istrinya Khadijah. 

Peristiwa Isra mi'raj merupakan sebuah peristiwa yang bertujuan untuk menjadikan Nabi Muhammad menjadi makhluk yang memiliki kemuliaan tinggi. Semua cobaan yang dihadapinya mampu dilewati. Selanjutnya Nabi menerima wahyu untuk melakukan sebuah perjalanan.

Perjalanan itu kita kenal dengan Peristiwa Isra Mir'aj. Perjalanan yang terdapat dua pesan penting tentang kebersihan hati yaitu peristiwa Disucikan Hati Nabi oleh Malaikat Jibril dan Perintah Sholat.

Kebersihan Hati Melawan Covid-19

Ijinkan Tebo Top menghubungkan benang merah antara Isra Mir'aj dan Virus Covid. Banyak pemberitaan dan Video yang beredar. Seorang Virologi atau Ahli ilmu Virus Indonesia. Berulang Ulang kali diwawancarai tentang memahami Virus Corona atau Covid 19. Sama juga kita harus memahami peristiwa Isra Mir'aj.

Ilmu menjadikan kita berbeda. Pemahaman yang paling umum dan selalu dikumandangkan untuk melawan Covid 19 adalah tentang Kebersihan Diri. Bagi Kita umat Islam. Perintah Sholat lima waktu serta sholat Malam yang diperintahkan untuk Nabi Muhammad S.A.W kerjakan merupakan sebuah kegiatan berupa Ibadah. Namun, dalam prakteknya sebelum melaksanakan Sholat. Umat Islam diwajibkan untuk berwudhu dan membersihkan diri sebelum beribadah.

Selanjutnya ada sebuah hadist riwayat Bukhari, tentang Malaikat Jibril as. membelah dada Nabi Muhammad dan membersihkan hatinya sebelum mengajaknya naik ke langit untuk Mi’raj.  

Momen Sholat dan Sebelum Nabi diajak untuk Miraj naik kelangit. Identik dengan Kebersihan yang merupakan salah satu cara ampuh untuk melawan Virus Corona atau Covid 19. Saat ini kita semua tersadar akan pentingnya menjaga kebersihan. Sebagai manusia untuk melawan COVID 19 kita hanya dituntut untuk membersihkan diri dengan sering mencuci tangan. Tidak hanya itu, istilah disinfektan dan hand sanitizer sangat akrab di telinga kita saat ini. Jika kita seorang Muslim dan melaksanakan perintah Sholat 5 waktu ditambah dengan dua rakaat sholat malam maka itu adalah obat terampuh untuk kita. jangan kan tangan. Jika kita muslim sudah membiasakan kegiatan tersebut. Hati juga akan menjadi bersih. sedangkan jika penyakit datang menghampiri itu semua tak lain dan tak bukan atas Izin ALLAH S.W.T.

Selanjutnya tentang kebersihan Hati kita maknai dalam cakupan lebih besar tentang sebuah negara yang kita cintai Indonesia. Marilah dengan kebersihan hati anda-anda yang membaca tulisan ini. Kita berdoa denga doa yang terbaik Virus Corona atau Covid 19 ini Hilang dan Negara kita dimuliakan oleh rakyatnya dan mendapat Ridho dari sang pencipta.

Penutup:

Kami meyakini tulisan ini akan bermanfaat jika anda semua memberikan kepercayaan berupa doa dan dukungan Untuk Kami Tebo Top berperan dalam 4 aspek yang menjadi dasar kami untuk terus berkegiatan. yaitu : 1. AGAMA 2. SOSIAL dan KEMANUSIAAN, 3. SENI dan BUDAYA, 4. EKONOMI KREATIF.

Semoga Isra MIR'AJ menjadikan kita sebagai umat yang memiliki kepatuhan untuk beribadah dan parcaya pada pemimpin. Berpastisipasi dan Peduli yang semuanya dimulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekat, dalam ikut memutuskan mata rantai penyebaran VIRUS COVID 19 dengan mengurangi aktivitas di luar rumah. Setiap Penyakit ada Obatnya. DOA dan Ikhtiar kita bersama yang akan menjadi sarana dalam menghilangkan wabah Ini.
Selamat Memperingati Isra Mir'raj 27 Rajab 1441 H


Salam dari kami

Top Top Top
Tebo Makin TOP



No comments:

Post a Comment