""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Sunday, May 3, 2020

03 MEI Sebagai Hari Kebebasan Pers Internasional: Insan Pers Sebagai Pahlawan Di Balik Berita/Informasi

Top Top Top
Tebo Makin Top

Hari ini tanggal 3 Mei diperingati sebagai Hari Kebebasan Pers International. Melalui tulisan ini Tebo Top Mengucapkan Selamat hari kebebasan Pers Internasional terhadap semua insan pers yang terus bersemangat dalam menjalani aktivitasnya di berbagai keadaan dan rintangan.

Sebelum melanjutkan tulisan ini. Kami ulas kembali tentang Pengertian Pers secara singkat dan padat. Sebagai penambah wawasan kita bersama-sama.

Pengertian Pers

Pengertian Pers Secara Umum ialah media massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik didalam bentuk tulisan, suara, dan juga gambar serta data serta grafik.Istilah “pers” berasal dari bahasa Belanda, yang dalam bahasa Inggris berarti press. Secara harfiah pers berarti cetak dan secara maknanya berarti penyiaran secara cetak/tercetak atau publikasi secara dicetak (printed publication).

Sedangkan menurut salah satu pendapat ahli : 

Gamle
Pers ialah bagian komunikasi antara manusia (human communication), yang berarti, media merupakan suatu saluran ataupun sarana didalam memperluas dan juga memperjauh jangkauan proses penyampaian suatu pesan antar manusia.

Sedangkan pengertian pers di Indonesia yang berdasar dari Undang-Undang adalah yang sumbernya dari UUD No. 40 Tahun 1999 yang berbunyi ialah bahwa pengertian pers ialah suatu lembaga sosial ataupun wahana komunikasi massa yang melaksanakan suatu kegiatan jurnalistik yang meliputi, mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan juga menyampaikan suatu informasi baik itu dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan juga gambar serta data serta grafik ataupun dalam bentuk lainnya dengan cara menggunakan media cetak atau juga media elektronik, dan juga segala jenis saluran yang tersedia.



Insan Pers Sebagai Pahlawan Di Balik Berita

Kecanggihan Teknologi saat ini memudahkan kita untuk mendapatkan banyak Informasi. Sebelumnya, Sebuah pertanyaan untuk anda pembaca yang hobi menonton film? dua film bertema superhero mengenalkan kita juga bahwasannya awak media/insan pers juga merupakan pahlawan di balik berita/Informasi. siapa mereka? SUPERMAN dan SPIDERMAN. Benarkan?

Realitanya dan sejatinya. Banyak juga, Insan pers yang menjadi pahlawan dengan berdiri di garis depan dengan tujuan menyampaikan sebuah informasi atau berita. Seperti siaran langsung di daerah konflik atau saat ini, para insan pers yang meliput secara langsung terkait Virus corona yang bisa saja membuat mereka terinfeksi dan tertular.

Melalui tulisan ini juga kami sampaikan terima kasih untuk Insan pers dimana saja atau siapa saja; Reporter, Jurnalis, Narasumber, Editor dan siapa saja yang terlibat. Sehingga kami sebagai masyarakat dapat mendapatkan sebuah informasi yang aktual dan Faktual. Selain itu juga bermanfaat untuk diketahui.

Kami ucapkan Selamat bekerja dan semoga kalian Insan Pers di tengah pandemi ini juga mendapat perhatian dari pihak-pihak terkait.

Salam dari kami
Top Top Top
Tebo Makin Top

By Tebo Top Multimedia

No comments:

Post a Comment