""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Sunday, July 26, 2020

Selamat Hari Puisi Indonesia 26 Juli Untuk Jadi Bangsa Yang Berbudaya


Selamat hari Puisi Indonesia dari TEBO TOP: https://www.tebotop.com
Top Top Top
Tebo Makin Top

Perlahan Karya sastra menjadi abu-abu yang digempur oleh derasnya kemajuan teknologi. Penggalan penggalan kata-kata puisi pun bisa menjadi konten dengan sebutan "Motivasi". Bisa saja penggalan-penggalan kalimat tersebut merupakan bagian penting dari sebuah karya sastra baik novel, cerpen maupun PUISI.

Puisi Merupakan Warisan Budaya

Hari Puisi Indonesia diperingati setiap tanggal 26 Juli, yakni mengacu pada hari kelahiran penyair Chairil Anwar. Deklarasi dan penetapan Hari Puisi Indonesia itu dilakukan oleh puluhan penyair Indonesia di Pekanbaru, Riau, 22 November 2012 silam. Deklarasi ini ini mulanya diprakarsai oleh penyair Rida K. Liamsi. Para penyair yang hadir turut menandatangani deklarasi tersebut. Teks deklarasinya dibacakan oleh presiden penyair Indonesia, Sutardji Calzoum Bachri.


Demi sebuah konten atau kreatifitas dengan Teknologi yang beriring banyak dari kita utamanya anak muda yang memviralkan kata-kata yang cenderung disampaikan sebagai bahasa baku yang tak punya norma. Sedangkan dahulu seperti dalam sebuah Puisi chairil anwar "Aku adalah binatang jalang dari kumpulan yang terbuang" sebuah penggalan puisi AKU.

Kata "Aku" yang ingin disampaikan oleh Chairil anwar seorang sastrawan dari medan yang telah berpulang di usia Produktif tersebut tidak bisa dilepaskan dari puisinya secara utuh. Chairil Anwar, berpulang pada 28 April 1949 pada usia yang belum genap 27 tahun.

Makna Kata "Aku" ditujukan untuk dirinya sendiri yang berasal dari kegelisahan dan disampaikan dalam sebuah puisi. Sedangkan berbeda sekali dengan saat ini dalam sebuah kelompok grup anak muda, remaja maupun anak sekolah. Banyak penggunaan kata binatang sebut saja "Anjing" ditujukan untuk orang lain.

Sebuah ironi dan pesan keras untuk semuanya. Teknologi tidak bisa dibatasi dan dibendung. namun, kegiatan Budaya seperti pengenalan Puisi maupun lainnya bisa menjadi pembendung dalam pembentukan karakter anak muda. Bukan berarti jika anak anda yang disekolah kan di pondok pesantren maupun sekolah berbasis teknologi bisa membendungnya. Mereka juga akan terpapar nilai-nilai dari bahasa buruk seperti meme/sticker yang terbiasa terbaca dan terlihat di jejaring media sosial.

Melalui Peringatan Hari Puisi Indonesia ada pesan tentang pentingnya kita generasi sebelumnya mengenalkan apa Itu Puisi. Untuk kita yang tinggal di pulau sumatera pun harus berbangga dengan sejarah puisi lama atau Pantun yang berkembang di tanah Melayu.

Pastinya para orang tua, kelompok pendidik dan pemangku kebijakan harus PEDULI dengan menggalakkan kegiatan-kegiatan Literasi. sebagai alternatif untuk mengenalkan budaya dari aspek literasi.

Ingat!!! Karya sastra merupakan Budaya. Puisi Itu Karya sastra. Budaya itu memiliki nilai-nilai kehidupan dan mampu menjaga tatanan dalam kehidupan bermasyarakat. Silahkan anda dan kita berdiri di posisinya masing-masing dengan terus berbudaya dalam kehidupan.

Kami Keluarga Besar Tebo Top Mengucapkan Selamat Hari Puisi INDONESIA. Melalui Karya sastra dan di antaranya Itu Puisi. Mari kita Ingat JaMBu = Jangan Melupakan Budaya.

Mari kita bersama sama. Untuk kalian anak muda. Terus Jaga Budaya yang ada. gali potensi dan menjadi Influncer untuk kebaikan dan memberi kebermanfaatan bagi diri sendiri dan orang banyak.

Salam dari Kami

Top Top Top
Tebo Makin Top

By: TEBO TOP MULTIMEDIA.


No comments:

Post a Comment