""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Tuesday, August 11, 2020

KASAT RESNARKOBA Polres Tebo Melirik Gelang Sebalik Sumpah Sebagai Cenderamata Khas Tebo

Top Top Top
Tebo Makin Top

Patut Berbangga Masyarakat Tebo. Bangga terhadap kekayaan sumber daya Alam yang dimilikinya. Salah satunya dengan adanya kerajinan tangan karya pengerajin Tebo. Apakah itu? salah satunya adalah Gelang Sebalik Sumpah. Gelang yang sudah dikenal secara nasional sebagai cinderamata dari Provinsi Jambi. 

KASAT NARKOBA Polres Tebo Melirik Gelang Sebalik Sumpah Sebagai Cenderamata Khas Tebo.

Kasat Narkoba Polres Tebo IPTU P. Sagala, S.H Dan Gelang Sebalik Sumpah Produksi Pengerajin TEBO TOP.
Kasat Narkoba Polres Tebo IPTU P. Sagala, S.H, ternyata mendapatkan Informasi bahwasannya TEBO TOP memfasilitasi Pengerajin gelang sebalik sumpah. Gelang yang pernah dipamerkan di Hut Kabupaten Tebo Tahun 2018 dan di acara Millenial Road Safety Festival Tahun 2019.

Informasi tersebut pun membuat dirinya melakukan komunikasi dengan salah satu founder Tebo Top yaitu Rinto Rezky. setelah beberapa waktu komunikasi. Alhasil, Selasa 11 Agustus 2020 sekitar jam 11 siang. Rekan kami Rinto pun mengantarkan gelang tersebut yang rencananya akan menjadi buah tangan/cenderamata khas Tebo untuk rekan-rekan nya yang berkunjung dari Kapolda Jambi.

Dalam pertemuan singkat tersebut Bang Sagala pun berpesan untuk kami TEBO TOP.

 "Semoga Tebo Top dan apa yang dilakukannya dapat terus menjaga, membina dan mengembangkan potensi yang ada di kabupaten Tebo melalui pengerajin binaan/Mitranya. Selain itu, Melalui kegiatan-kegiatan Positif seperti ini berhubungan dengan kegiatan kerajinan Tangan. anak-anak muda juga bisa menjauhkan diri dari jeratan Narkoba dan terus produktif"
Pesan IPTU P. Sagala, S.H, tersebut kami sampaikan melalui tulisan ini agar terbaca dan kita masyarakat Tebo Berbangga atas yang kita punya dan miliki. Mari kita jaga bersama dan terus kita kembangkan bersama-sama.

Gelang Sebalik Sumpah Pun bisa diproduksi di Kabupaten Tebo Oleh Pengerajin/Mitra Binaan Tebo Top.

Potensi Gelang sebalik sumpah pun kian bernilai dengan latar belakang cerita dari Proses Pembuatan nya yang dahulunya merupakan sebuah perhiasan yang dikenakan Oleh SAD Suku Anak Dalam di Provinsi Jambi. Beredar luas di beberapa literasi online tentang cerita dibalik gelang sebalik Sumpah.

Salah satunya di bawah ini:

"Mereka (orang rimba/SAD) biasanya memanfaatkan biji buah Sebelik untuk membuat perhiasan, seperti kalung dan gelang yang dalam bahasa Rimba disebut manik.

Pohon Sebalik Sumpah sangat dikeramatkan oleh Orang Rimbo. Mereka bahkan menghargai kekuatan pohon ini. Mereka harus merayu ketika akan mengambil buahnya.

Untuk mendapatkan buah dari pohon ini bukan perkara sulit dan  tidaklah mudah, Orang Rimbo/SAD harus masuk ke hutan yang lebat selama beberapa hari. Saat ini, pohon Sebelik Sumpah sulit ditemukan dan tidak setiap musim, pohon ini berbuah.

Jika menemukan pohon ini, Orang Rimbo akan duduk lalu menyanyikan sebuah rayuan puitis agar pohon boleh dipanjat dan diambil buahnya. Mereka akan menyanyi hingga pohon Sebelik Sumpah luluh dan memberi izin. Ini adalah bentuk penghargaan Orang Rimbo terhadap alam yang telah memberi mereka penghidupan.

Baik perempuan maupun laki-laki Orang Rimbo memakai perhiasan dari biji ini. Mereka percaya Sebelik Sumpah dapat menangkal dan menolak bala."

Nah... Kami kembalikan kepada anda semua pembaca untuk memberikan pendapat dan pandangan sendiri. 

Selain itu Kami TEBO TOP Siap Mensupport Kerajinan tangan yang ada di Pengerajin/Mitra binaan TEBO TOP dengan cara yang dapat kami lakukan adalah menyediakan pasar.

Untuk Itu Bagi ANDA yang berminat dengan Cenderamata khas dari Pengerajin di Kabupaten Tebo sebagai cenderamata,oleh-oleh maupun Koleksi.

Kami TEBO TOP Menyediakan:

Gelang Sebalik Sumpah Karya Pengerajin Binaan dan Mitra TEBO TOP
GELANG SEBALIK SUMPAH
GELANG ROTAN
GELANG RESAM
CINCIN RESAM
MINIATUR DARI Bahan Kayu Limbah
serta Aksesoris Lainnya.

Hubungi kami
Rinto Rezky: WA 0822-9701-8302

Kami ucapkan Terima Kasih Kepada Kasat Narkoba Polres Tebo IPTU P. Sagala, S.H, yang telah peduli dengan menjadikan Gelang sebalik sumpah sebagai oleh-oleh cenderamata khas Tebo. Tentunya dengan satu alasan utama dan mendasar. Bahan dan pengerajinnya memang berasal dari kabupaten TEBO yang kita cintai ini. Top Teruss buat Abang Sagala.

Selain itu. Bagi Anda semua, Sampaikan tulisan ini sebagai rasa bangga terhadap karya pengerajin, Muda-mudi, Anak-anak Kabupaten TEBO Kreatif dan Peduli dengan kekayaan alam yang dimilikinya dan menjadikannya sebagai karya yang punya nilai jual. Apapun itu, kami Keluarga besar TEBO TOP mohon dukungan dan supportnya selalu dengan apa yang kami lakukan dan perbuat dengan satu alasan sederhana TEBO MAKIN TOP.

Top Top Top
TEBO Makin TOP

Salam Dari Kami
TEBO TOP

By : TEBO TOP MULTIMEDIA.

No comments:

Post a Comment