""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Sunday, August 9, 2020

Eksistensi Pasar Tradisional Lembak Bungur Tebo Tengah Kabupaten Tebo Di Tengah Pandemi


EKSISTENSI PASAR LEMBAK BUNGUR TEBO TENGAH KABUPATEN TEBO
Top Top Top
Tebo Makin Top

Eksistensi Pasar Tradisional Lembak Bungur Tebo Tengah Kabupaten Tebo Di Tengah Pandemi.

Pasar memiliki pengertian dari Ilmu Ekonomi di mana terjadinya kegiatan jual beli. Ada permintaan dan Penawaran. Saat ini, jenis pasar sudah beragam didasari bentuk, alat dan kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan jual beli.

Salah satu jenis pasar adalah Pasar Tradisional yang bila kita lihat dari fungsinya. Ada beberapa poin Fungsinya untuk perekonomian suatu daerah yaitu: 

Pasar sebagai sumber retribusi daerah
Pasar sebagai tempat pertukaran barang antara penjual dan pembeli
Pasar sebagai pusat pengembangan ekonomi rakyat untuk memenuhi kebutuhan primer seperti sandang dan pangan.
Pasar juga sebagai pusat perputaran uang di suatu tempat atau daerah.
Pasar dapat membuka lapangan pekerjaan karena ada kegiatan ekonomi di sana.

Ciri-ciri pasar tradisional Pasar tradisional memiliki beberapa ciri-ciri, 
di antaranya: 

Adanya sistem tawar-menawar antara penjual dan pembeli.
Pasar tradisional dimiliki, dibangun, dan dikelola oleh pemerintah daerah.
Tempat usaha beragam dan menyatu dalam lokasi dan tempat yang sama.
Sebagian besar barang dan jasa ditawarkan adalah produksi lokal/setempat.

Seperti kita ketahui bersama ada Kekurangan dari pasar tradisional yaitu; Biasanya tempatnya kotor dan becek, Pengemasan barangnya kurang baik dan tidak rapi, Beberapa makanan dan barang - barangnya berkuaitas kurang baik karena proses/tempat penyimpanan nya juga kurang baik. Barang - barang yang tersedia kurang lengkap disebabkan ketersediaan dari sebuah daerah itu sendiri.

Setelah membaca Informasi di atas kita lalu menuju Pasar Lembak Bungur di Kelurahan Pasar, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo.

Kami ada liputannya di Video di bawah ini sebagai dokumentasi yang kami bagikan kepada anda semua:


Pandemi saat ini mempengaruhi kegiatan jual beli di Pasar Tradisional Lembak Bungur. Operasi pasar ini beroperasi setiap hari yaitu dari jam 07.00 sampai 16.00 sore. Namun, ada dua hari yang yang disebut hari pasaran. Hari Selasa dan Jumat menjadi hari pasaran di Pasar Tradisional Lembak Bungur. Tebo Tengah Kabupaten Tebo.

Dua hari tersebut menjadi ajang bagi penjual dari daerah lain/luar untuk mengadu peruntungannya di Kabupaten Tebo. Hari pasaran menjadi ramai dan meriah karena bisa jadi ada anggapan barang atau kebutuhan di hari itu lengkap dengan adanya penjual dari luar. Selain itu adanya harga yang di anggap lebih murah ketika hari pasaran berlangsung.

Saat pandemi seperti ini Omset pedagang pun berdampak dengan penurunan pendapatan penghasilan. Bisa sampai kurang dari pendapatan biasanya. Selain itu harapan beberapa pedagang dan beberapa orang disana berharap adanya penataan dan perbaikan sehingga pasar Lembak Bungur bisa menjadi Pasar Tradisional yang nyaman bagi konsumen untuk berbelanja.

Tugas bersama yang bisa dilakukan adalah dengan selalu menjaga kebersihan di sekitar pasar itu sendiri dimulai dari pedagang dan Pembeli pun wajib ikut menjaga kebersihan. Sebagai harapan kita bersama semoga Pasar lembak bungur bisa dilirik sebagai pasar yang tertata dan rapi didasari lokasinya yang berada Di Pusat Kabupaten Tebo.

Semoga pasar tradisional lembak bungur dan lainnya yang ada di kabupaten Tebo selalu eksis dan terus bisa membantu perekonomian DAERAH dan MASYARAKAT Sekitar.

Demikian Dokumentasi Kami TEBO TOP. Sampai jumpa di cerita-cerita lainnya.

TOP TOP TOP
TEBO MAKIN TOP

Salam dari Kami
TEBO TOP

By: TEBO TOP MULTIMEDIA

No comments:

Post a Comment