""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Friday, October 2, 2020

Pahami Sejarah Hari Batik Nasional Setiap Tanggal 02 Oktober, Sebagai Identitas Bangsa

Pahami Sejarah Hari Batik Nasional Setiap Tanggal 02 Oktober, Sebagai Identitas Bangsa


TEBOTOP.COM, - "TOP TOP TOP TEBO MAKIN TOP"

Bangga sebagai warganegara, Sebagai putra-putri bangsa. Semua itu ketika kita disatukan oleh budaya. Keragaman budaya yang ada di INDONESIA sebagai negara kepulauan menjadikan kita punya banyak warisan budaya. Salah Satunya BATIK.


Sejak Tahun 02 Oktober 2009 "BATIK" menjadi warisan dunia yang di tetapkan oleh UNESCO sebagai sebuah organisasi PBB yang bergerak di bidang Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa. 


Kisah Batik yang Menjadi Warisan Budaya Tak Benda Oleh Unesco.


Pemerintah Indonesia pada 04 September 2008 mendaftarkan batik dan berhasil diterima masuk dalam Warisan budaya tak benda di melalui UNESCO. Selanjutnya, pada 09 januari 2009 UNESCO menerima pendaftaran dan melakukan serangkain pengujian tertutup yang berlangsung dari tanggal 11 mei -14 mei 2009 Oleh UNESCO di Paris. Kelayakan batik sebagai warisan dunia tak benda memenuhi 3 kriteria dari 5 kriteria yang UNESCO tetapkan. Kriteria tersebut adalah: (1) Tradisi dan Ekspresi Lisan, (2) Kebiasaan Sosial dan adat Istiadat masyarakat ritus dan perayaan-perayaan. (3) Kemahiran Kerajinan Tradisional.


Lalu, Tepat Pada tanggal 02 Oktober 2009 Batik ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda milik Indonesia. dikukuhkan di ruang sidang UNESCO, Abu Dhabi, Uni Emerat Arab.


 


Apa Itu Batik?


Batik merupakan kerajina tradisional yang identik dengan Jawa. salah satu suku terbesar di INDONESIA. Batik sendiri kini terus berkembang dari motif dan teknik dalam pembuatannya. Secara etimologi: Batik berasal dari bahasa Jawa "Ambhatik" Ambha berarti luas, kain dan Tik berarti Titik. batik juga dipahami sebagai sebuah kegiatan membuat, membentuk titik, motif pada sebuah kain. Batik kian familiar di daerah daerah dengan menjadi budaya bangsa. Serta, setiap daerah bisa menjadi pengerajin batik dengan kekuatan atau Ciri Khas Motif yang di jadikan Identitas sebuah daerah. Artinya batik sudah menjadi budaya bangsa yang dapat diterima semua kalangan.


Motif batik pun berkembang pesat dan bisa dipadu padankan dalam mode-mode yang bisa diterima oleh beragam generasi.


Sebelumnya Batik yang identik dengan Solo, Jogja dan Pekalongan kini Batik adalah Indonesia. Sebagai sebuah kerajinan tradisional yang menyatukan perbedaan dalam corak, warna dan motif yang terwakili dari batik yang sudah dimiliki banyak daerah di Nusantara INDONESIA.


Mari kita menjaga kelestarian batik dan mencintainya sebagai identitas kita sebagai sebuah bangsa. Selamat Hari Batik NASIONAL 02 Oktober. "Menyatu dalan keberagaman motif dan Corak Untuk Indonesia Maju". Semoga Batik INDONESIA MAKIN TOP.


Salam dari Kami

TEBOTOP

TOP TOP TOP TEBO MAKIN TOP.

By: TEBOTOP MULTIMEDIA

 

No comments:

Post a Comment