""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Monday, December 7, 2020

10 Sepuluh MANFAAT SINGKONG REBUS Untuk Kita Ketahui

10 Sepuluh MANFAAT SINGKONG REBUS Untuk Kita Ketahui

Top Top Top

Tebo Makin Top 

"Orang Bilang Tanah Kita Tanah Surga, Tongkat Kayu dan Batu Jadi Tanaman" Lirik dari lagu berjudul kolam susu ini. Tentunya sudah pernah anda dengar Lirik lagu tersebut. Cari ya bagi yang belum tahu? 

Lirik tersebut bisa jadi menggambarkan dan mewakili tanaman yang akan kita bahas kali ini.

Tanaman yang mudah tumbuh dan hidup ini adalah:Ubi Kayu, Ketela atau Singkong (Manihot esculenta). Tanaman yang tersebut adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.



Selain nasi, singkong merupakan bahan makanan pokok yang banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain enak, ternyata ada beberapa manfaat singkong bagi kesehatan. 

 

Ada juga Fakta yang Perlu Diketahui Sebelum Mengonsumsi Singkong? 


Meski ada banyak manfaat singkong bagi kesehatan, Anda perlu mengonsumsinya dengan hati-hati. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait tanaman ini:

1. Singkong mengandung zat kimia yang disebut glikosida sianogen. Bahan kimia ini dapat melepaskan sianida di dalam tubuh. Oleh karena itu, singkong harus diolah dengan benar sebelum dimakan untuk mencegah keracunan sianida.

2. Mengonsumsi singkong terlalu banyak di masa kehamilan dan menyusui juga tidak aman. Konsumsi singkong terlalu banyak saat hamil diduga dapat meningkatkan risiko bayi mengalami cacat bawaan lahir dan kelainan tiroid.

3. Singkong diketahui dapat menurunkan jumlah yodium yang diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, terlalu sering mengonsumsi singkong dalam jumlah banyak berpotensi menyebabkan kekurangan yodium.

4. Mengonsumsi singkong dapat menurunkan kadar hormon tiroid dalam tubuh. Anda dilarang mengonsumsi singkong jika menderita penyakit tiroid atau tengah menjalani terapi penggantian hormon tiroid.Manfaat singkong rebus untuk diet cocok dijadikan makanan penurun berat badan. Singkong merupakan salah satu umbi-umbian dengan vitamin dan mineral bermanfaat. Singkong biasa diolah dengan cara digoreng, direbus, atau dikonsumsi tepungnya.

Salah satu cara sehat mengkonsumsi singkong adalah merebusnya. Manfaat singkong rebus untuk diet dapat mengurangi konsumsi minyak berlebih. Konsumsi gorengan menjadi salah satu faktor terbesar kenaikan berat badan.

Manfaat singkong rebus untuk diet juga didukung kandungan vitamin dan mineralnya yang baik untuk kesehatan. Manfaat singkong rebus untuk diet juga bisa menjadi alternatif konsumsi nasi putih. Manfaat singkong rebus untuk diet bisa dikonsumsi secara rutin dalam porsi wajar.

10 MANFAAT SINGKONG REBUS


Berikut manfaat singkong rebus untuk diet, dirangkum dari berbagai sumber.

Sumber serat sehat

 
Singkong mengandung serat sehat yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Konsumsi serat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Singkong juga mengandung pati resisten tinggi yang memiliki sifat serupa dengan serat larut.

Baik untuk pencernaan

 
Pati resisten dalam singkong membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Pati resisten dalam singkong juga memberi makan bakteri bermanfaat dalam usus yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Pati resisten ini paling banyak ditemukan pada singkong yang telah dimasak dalam bentuk utuh seperti direbus.

Kuatkan otot

 
Alih-alih menambah berat badan, karbohidrat dalam singkong membantu membangun dan menguatkan otot. Singkong juga mengandung protein yang menjaga kesehatan otot dan menyehatkan jaringan. Kalium dalam singkong membantu menjaga massa otot pada orang tua, serta selama kondisi yang cenderung menyebabkan pengecilan otot, seperti ketosis diabetikum.

Dukung berat badan ideal
Singkong mengandung karbohidrat kompleks yang bermanfaat untuk mempertahankan berat badan ideal. Karbohidrat dalam singkong terdiri dari serat, lemak, dan kalori sehat. Kandungan serat yang tinggi dalam singkong membantu tubuh tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

Bebas kolesterol
Singkong yang direbus bebas dari kolesterol. Singkong yang digoreng cenderung menaikkan risiko konsumsi lemak berlebih yang dikaitkan dengan kolesterol tinggi. Konsumsi lemak berlebih dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Dengan merebus singkong, kolesterol dan berat badan dapat terkontrol.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang dikenal sebagai aterosklerosis. Jika dibiarkan, aterosklerosis dapat menyebabkan angina, serangan jantung, dan stroke.

Tingkatkan energi
Singkong mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan energi. Karbohidrat diperlukan untuk membuat energi di dalam tubuh. Tidak hanya itu, otak akan mulai bekerja lebih efisien ketika tubuh memiliki cukup energi. Ini berguna untuk membangun energi yang dibutuhkan selama berolahraga untuk menurunkan berat badan. Singkong juga mengandung Vitamin B1 atau tiamin yang memungkinkan tubuh untuk menggunakan karbohidrat sebagai energi. Dengan begitu karbohidrat tidak akan menumpuk dalam tubuh.

Cegah diabetes

 
Salah satu penyebab diabetes tipe 2 adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Konsumsi singkong rebus dapat mencegah kelebihan berat badan secara signifikan. Pati resisten juga berkontribusi pada kesehatan metabolisme yang lebih baik dan mengurangi risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

Kontrol tekanan darah

 
Singkong merupakan sumber kalium yang berperan dalam penurunan tekanan darah. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan natrium sangat penting untuk mengurangi risiko tekanan darah dan penyakit kardiovaskular. Serat dalam singkong juga berperan dalam penurunan tekanan darah.

Tingkatkan kekebalan

 
Singkong mengandung folat dan vitamin C yang mendukung kekebalan tubuh. Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh dengan menyingkirkan virus dan bakteri. Sementara folat membantu dalam produksi sel-sel dalam tubuh berjalan normal dan mencegah mutasi DNA.

Kuatkan tulang

 
Selain menurunkan berat badan, singkong juga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Singkong merupakan sumber kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang semuanya bermanfaat untuk tulang. Kalsium merupakan komponen penting pembangun tulang. Sementara magnesium penting untuk pembentukan tulang. Fosfor bekerja dengan kalsium untuk membantu membangun tulang dan kalium dapat membantu mencegah osteoporosis.

Bagaimana pendapat anda setelah membaca 10 Manfaat Singkong Rebus di atas? Ternyata selain sepuluh manfaat di atas adalah Singkong mampu menjadi pilihan makanan pokok selain Beras/Nasi, Gamdum/Roti, Jagung dan Sagu. / by: EW/

Sampai jumpa di Informasi lainnya.

Salam Dari Kami TEBOTOP

Top Top Top

Tebo Makin Top

TEBOTOP MULTIMEDIA


 

No comments:

Post a Comment