""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Monday, October 22, 2018

Peresmian Lubuk Tembesu Bentuk Dukungan Tebo Top

Selamat bagi Karang Taruna Bungkal yang telah bekerja keras demi menjadikan sebuah tempat menjadi destinasi wisata baru bagi Kabupaten Tebo. Fakta menarik yang menjadikan Lubuk Tembesu sebagai tempat Wisata pilihan baik untuk pengunjung Lokal dan Pengunjung luar diantaranya sebagai berikut ; (1) Lubuk Tembesu Terletak tepat di pusat kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, dikarenakan jarak yang dekat tentunya bisa menjadi Ikon tempat rekreasi bagi Kabupaten Tebo, (2) Lubuk Tembesu memiliki identitas unik berhubungan dengan koloni pohon Tembesu yang tumbuh secara alami dan punya historis bagi semua masyarakat di seputaran Kecamatan Tebo Tengah terutama bagi warga Bungkal Secara Khusus, (3) Tempat ini dinamai Lubuk Tembesu tentunya dikarenakan pohon Tembesu yang tumbuh berkelompok di sebuah lahan, penggunaan kata Lubuk dalam bahasa Indonesia yang berarti cekungan di dasar sungai dan tentunya menjadi tempat berkumpulnya ikan. Namun, Lubuk Tembesu terletak di sebuah cekungan tanah dan banyaknya pohon Tembesu yang ada disana, (4) Lubuk Tembesu saat ini adalah sebuah lahan yang dimiliki Perorangan dan dengan komunikasi yang baik Karang Taruna Pemuda sepakat untuk menjadikan Lubuk Tembesu menjadi tempat rekreasai/wisata yang bisa dinikmati banyak orang secara luas. 

Bentuk Dukungan Tebo Top untuk Lubuk Tembesu

Berawal dari sebuah waktu Rinto, galuh dan eko bersama perwakilan Pemuda lainnya berkumpul mengikuti rembuk bersama Komunitas Tebo Top di Bambu Kuliner Pal 3. Saat itu dihadiri oleh Pembina Tebo Top Bpk Yudha Pranata Waka Polres Tebo, Bpk. Zulkifli selaku DanRamil Tebo Tengah dan Robi Harja ketua Koni Tebo. Saat Akhir acara Rinto menyatakan keinginan dan para pemuda Bungkal untuk menjadikan Lubuk Tembesu menjadi tempat wisata pilihan bagi Kabupaten Tebo dan berharap ke depan warga Bungkal dan Pemuda dapat merasakan manfaat dari lubuk tembesu. Sebelumnya lubuk Tembesu sudah dikenal hanya oleh sebagian warga karena letaknya yang cukup tertutup dengan pemukiman dan kebun warga. biasanya, lubuk tembesu hanya dijadikan tempat bermain anak-anak sekitar disaat senggang dan sebagai tempat ternak mencari makan.

"Stigma negatif yang melekat di desa bungkal dengan sebutan Buntu Akal dapat dihapus perlahan-lahan salah satunya dengan menjadikan Lubuk Tembesu sebagai Tempat Wisata". harapan Rinto dan pemuda disampaikan dalam forum tersebut. Istilah tersebut disambut dengan balasan yang menarik dari salah satu sosok pembina Tebo Top. " Ayo kita ubah istilah tersebut dan Tebo Top akan mendukung penuh semua itikad baik dan ide dari pemuda Tebo. Istilah Bungkal kita ubah bersama dengan kegiatan-kegiatan yang positif. BUNGKAL akan menjadi Bangkit, Unggul, dan Berakal". Ujar Yudha Pranata pria hangat dan bersahabat yang biasa kami panggil Pak Waka. Suasanapun semakin akrab. Rinto pun menegaskan kembali dengan pernyataan semangat " Kami warga, Pemuda, dan Karang Taruna Bungkal akan menjadikan Lubuk tembesu sebagai tempat wisata yang bisa menjadi PAP = Pendapatan Asli Pemuda dan wargapun dapat berperan dan mendapat manfaat yang sama dari Lubuk Tembesu kedepannya. Beri kami waktu kurang lebih 2 (dua) minggu untuk menyiapkan dan mempercantik lubuk tembesu".

Alhasil, dengan persiapan seadanya pemuda dan warga bahu-membahu mewujudkan mimpi tersebut. Tanggal 21 Oktober 2018 Lubuk Tembesu resmi dibuka secara umum. Acara tersebut berlangsung semarak dan meriah dihadiri oleh WakaPolres Tebo Bpk. Yudha Pranata, DANRAMIL Tebo Tengah Bpk Zulkifl, KADIS Dispora Bpk Mardiansyah, S.E, M.E, Lurah Muara Tebo Bpk Saiful dan tamu undangan lainnya. 

Dalam Sambutannya Kadis Dispora menyatakan "Saya tidak tahu, kalau hari ini ada peresmian Lubuk Tembesu akan dijadikan tempat wisata. Semoga ke depan Lubuk Tembesu bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di kabupaten Tebo bersanding dengan rencana kerja kami diantaranya Wisata Danau Sigombak dan Taman Tanggo Rajo yang kini sedang masa pembangunan. Harapan Kita juga Komunitas Tebo Top dengan Istilah/Slogan Tetap, Elok, Budayo, Orangnyo, dan Tetap, Oke, Prilakunyo. Menjadi sebuah wadah yang punya peranan penting di Kabupaten Tebo nantinya. Saat ini juga Lubuk Tembesu sebagai pelopor sebuah objek wisata yang melakukan seremonial peresmian dan bisa menjadi contoh bagi daerah lain di wilayah Kabupaten Tebo.

Momen Peresmian Lubuk Tembesu tersebut terangkai dalam sebuah acara duduk bersama dan suasana santai semua duduk di bawah menikmati keindahan Lubuk tembesu. Susunan acara di bawakan oleh Mahasiswa UIN STS JAMBI Posko 21 Gelombang 3 yang saat itu juga akan melakukan kegiatan pelepasan setelah Kunkerta satu bulan, wargapun mengadakan perlombaan rujak antar RT, dan Tebo Top ada dimana? Tebo Top tentu ada, salah satunya  dengan hadir dan memfasilitasi kegiatan hiburan. "Kami Tebo Top akan ada dan memberikan dukungan nyata" ujar Alfajrian selaku Ketua Tebo Top ditambah pembina Bpk Cecep Eka Wijaya dan semua personel yang sempat hadir diantaranya ; Oni Suryono, Bang Mawi, Adhi Sawank, Halley Kawistoro, Hendri Iskandar, Eko, dan Galuh. 

Tebo Top dengan 4 Aspek rencana kerjanya yaitu : Agama, Sosial, Seni dan Budaya, serta Ekonomi Kreatif telah hadir dalam beberapa kegiatan sebelumnya diantaranya; Sumbangan Kemanusiaan Bagi Korban bencana Donggala, Palu. Mengikuti Pameran Hut Kabupaten Tebo yang ke 19 Tahun 2018. Pengisi Acara Pembukaan Pameran Hut Tebo malam pertama, Kopdar penutupan kegiatan Bupati Dan Kapolres Cup Tahun 2018. Tentunya, Saat Peresmian Lubuk Tembesu. Oni suryono selaku sosok yang dituakan dalam Tebo Top berujar " Gue baru paham setelah 52 tahun tentang filosofi lagu anak-anak disini senang dan disana senang ini yang menjadikan gue semangat. Kita Tebo Top akan hadir dan membuat pecah suasana" serta sebuah ciri jargon yang dia tularkan dengan ujaran " Gile lu dan pokoknya Top banget lu dah" sebuah ungkapan yang menjadi ciri khas dan memotivasi rekan-rekan di Tebo Top.

Dukungan Personel Tebo Top di Lubuk Tembesu/ www.tebotop.com


Sebuah catatan akan terus dibuat Tebo Top untuk Kabupaten Tebo walau dengan cara sederhana namun kami berbuat dan Kami Ada. Maaf... Tebo TOP Mau bergerak dukung kami, support kami dan rangkul kami karena kami ada, hadir, berbuat secara nyata. Salam Tebo Top. Gasss Habisss. Penulis (HK)

(Next On : Jadi Saksi Kami di 27-28 Oktober 2018 // Kemah Lintas Komunitas dan Pengenalan Budaya Makan Nasi Baibat dari desa Semabu, Kabupaten Tebo// )







1 comment: