""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Wednesday, July 17, 2019

Sanggar Tunas Mudo Sebagai Salah Satu Kearifan Lokal Masyarakat Tebo

Sanggar Tunas Mudo Sebagai Salah Satu Kearifan Lokal Masyarakat Tebo

Top Top Top Tebo Makin Top

Tebo Top akan terus menggapai mimpi sebagai bentuk implementasi dari Jargon penyemangat kami yaitu "Tebo Makin TOP". Seperti sebuah pesan dari salah satu Pembina Bang Yudha Pranata " Top artinya di atas, terus berusaha untuk ke atas atau lebih tepatnya ke posisi yang lebih tinggi". Tulisan ini bukan bermaksud sok arif dan merasa lebih sih. sebelum mulai menulis dengan segala kerendahan hati. Izinkan kami bernarasi singkat.

Program pertama TEBOTOP di awal berdiri kami adalah untuk berkegiatan dengan 4 aspek yang menjadi fondasi kami yaitu; Agama, Sosial dan kemanusiaan, Seni dan Budaya, yang terakhir adalah Ekonomi Kreatif.

Sebagai jejak rekam silahkan kunjungi channel youtube kami : Tebotop. Saat itu, kami ingin mengangkat budaya makan nasi baibat dari Desa Semabu. Bang Ade selaku pembina mencetuskan "mari kita coba menggelar festival Makan Nasi Baibat" Ujarnya di Sela pertemuan-pertemuan kami. Namun, Tebotop sangat memahami kesibukannya di saat itu. So pasti, kita semua tetap akan menjadikan TEBO MAKIN TOP Melalui Komunitas dan Masyarakat.

Beberapa bait paragraf di atas sebagai pilihan redaksi kita yaa. Sekalian anda para pembaca kenal dengan Apa sih...? TEBOTOP Itu. Kita Lanjutin nih ya...

Latihan Sanggar Tunas Mudo
Alhamdullilah nih setelah mengkonfirmasi sebuah postingan di Medsos. TEBOTOP Melihat salah satu kearifan lokal yang patut kita semua banggakan dan kita jaga bersama. Bila perlu kita kawal nih sampai berada di Posisi tertinggi dan TOP. Apakah itu?

Sanggar TUNAS MUDO namanya. Sebuah sanggar yang di ketuai oleh bapak Suardi. Sanggar ini terletak di RT.09 RW. 04 Kemantan, Kelurahan Sungai Bengkal Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. Informasi ini juga didapat dari salah satu orang yang sangat peduli dengan budaya Tebo itu sendiri. Novriadi, S.Pd.i namanya. Ia juga sebagai sekretaris di Sanggar Tunas Mudo ini. Berikut ulasan dari Saudara kita yang biasa dan akrab dipanggil Novri.

Sanggar Tunas Mudo bertujuan dan mempunyai harapan besar sebagai salah satu sanggar yang ada di kabupaten Tebo dan bisa menjadi penjaga tatanan nilai budaya yang terus tergerus oleh perkembangan zaman dan Teknologi. Mengutip isi chat kami yang sangat menarik "Sanggar Tunas Mudo melestarikan adat lamo pusako usang. Membangkitkan Tradisi Lamo, mengangkat Batang Terendam, Melestarikan kembali seni musik Tradisional yang semuanya itu adalah dari istilah Main Piul yang menyanyikan lagu-lagu daerah Jambi" Ujar Novri dalam chatnya dengan TEBOTOP Multimedia.

Lanjut ya... Bila TEBOTOP defenisikan sebagai opini, ada 5 Tujuan dari Sanggar Tunas Mudo ini.

1. Melestarikan Adat Lamo Pusako usang yang berarti sanggai ini akan melestarikan nilai-nilai budaya yang berasal dari adat dan peninggalan-peninggalan yang ada di daerah sungai bengkal secara khusus. Tebo dan jambi secara umumnya.

2. Membangikitkan Tradisi Lamo yang berarti sanggar ini akan terus berusaha melalui kegiatan di bidang kesenian dalam menjaga tradisi yang ada.

3. Mengangkat Batang Terendam juga bermakna sanggar Tunas Mudo membawa pesan untuk generasi muda tentang warisan budaya yang perlu dijaga dan mengajak semua untuk bersama-sama berpartisipasi dengan sumbangsih yang bisa dilakukan.

4. Melestarikan kembali seni musik tradisional yang bermakna sanggar Tunas Mudo menggunakan satu buah biola, gendang panjang, celeti dan gong yang di antarnya memang merupakan alat musik yang merupakan warisan budaya yang ada pada masa sebelumnnya.

5. Menyanyikan lagu daerah Jambi yang bermakna Sanggar Tunas Mudo menjadikan bahasa daerah jambi melalui lagu-lagu daerah jambi sebagai salah satu cara melestarikanTradisi di masyarakat.

Lima defenisi di atas hanya merupakan Opini yang bisa menjadi nyata dengan dukungan dan bantuan dari pihak-pihak terkait di antaranya pemerintah daerah setempat, masyarakat, dan lingkungan setempat dengan memberikan kesempatan dan ruang yang banyak bagi sanggar tersebut untuk tumbuh dan berkembang.

Tonton, like dan Subscribe di Video Youtube :



Jadi, mari bersama-sama kita sebagai masyarakat Tebo dan Kami TEBOTOP sangat bangga terhadap apa yang sanggar Tunas Mudo Perbuat sebagai bentuk nyata dan tidak hanya mengumbar kata-kata. Tetap semangat dan terus berjuang Untuk TEBO Makin TOPPPPP.

Sumber: Novriadi, S.Pd.i

Di Tulis Oleh : TEBO TOP MULTIMEDIA

Terima Kasih.







No comments:

Post a Comment