""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Wednesday, July 17, 2019

TEBO TOP Bersama Komunitas Membangun Peluang Ekonomi Kreatif Di Kabupaten Tebo


TEBOTOP Bersama Komunitas Membangun Peluang Ekonomi Kreatif Di Kabupaten Tebo

Top Top Top Tebo Makin Top

Sebuah penghargaan telah diberikan Pemerintah daerah Kabupaten Tebo melalui Disporapar. Senin 15 Juli 2019 bertempat di hotel Alya. Dua orang keren dihadirkan sebagai pemateri dalam Pelatihan Kewirausahaan bagi Pemuda Tebo yaitu Bpk. H. Eka Wijaya (Pembina TEBOTOP) dan Saudara Kami Adhi Sawank (Pengurus TEBOTOP).

H. Eka Wijaya dan Adhi Sawank

Poin penting yang didapatkan oleh TEBOTOP tersebut tidak di sia-siakan itu semua berarti Eksistensi TEBOTOP sebagai tempat bagi beragam ide dan pemikiran baik itu Secara individu maupun Komunitas mendapat tempat tersendiri di mata Pemkab Tebo melalui Disporapar.

Pelan tapi pasti, TEBOTOP dengan mengusung 4 Aspek yang menjadi landasannya akan terus berbuat dengan segala sumber daya yang ada. Sebagai bentuk penerapan Aspek EKONOMI Kreatif TEBOTOP sudah memiliki dua unit usaha mandiri yang dimilikinya yaitu ; TEBOTOP Florist yang melayani jasa pemesanan ucapan melalui karangan dan papan bunga, dan TEBOTOP ART yang bergerak dan melayani pembuatan souvenir gantungan kunci dan Mug. Selain itu Juga, melayani pemesanan TOPI, Kaos, Baju dan pembuatan Stiker.

Gambaran Divisi TEBOTOP art juga akan menjadikan Kabupaten Tebo memiliki sebuah Brand yang nantinya menjadi ciri khas Kabupaten Tebo itu sendiri. Tidak menutup kemungkinan kita akan bersinergi dengan UKM yang ada di kabupaten Tebo baik itu secara individu maupun kelompok.

Peluang Lainnya akan kita manfaatkan sebaik-baiknya jika ada Instansi atau pihak-pihak yang peduli dalam membangun iklim kewirausahaan berbasis komunitas dan masyarakat. Semua akan menjadi mungkin dengan kerja keras dan komitmen kami serta datangnya apresiasi dari pihak-pihak terkait yang bisa bersinergi. TEBOTOP membuka Pintu pemikiran dan ide untuk dijadikan sebuah Konsep yang bisa bermanfaat bagi individu, kelompok, komunitas, masyarakat dan menjadikan Kabupaten Tebo menjadi Makin Top tentunya.
Sebuah Kesimpulan yang bisa dipetik dari Materi yang disajikan Bapak H. Eka Wijaya dalam pelatihan kewirausahaan adalah mencari pasar dalam membangun usaha ekonomi. Selanjutnya, menganalisa jenis barang dan jasa yang dibutuhkan. Jumlah komoditi yang diinginkan. Mengetahui Klaster Konsumen, Lokasi dan Pesaing. Ada hal penting lainnya yang menjadi modal dasar untuk memulai sebuah usaha Kewirausahaan adalah “Berani Memulai” ujar Pak haji sebagai panggilan akrab di TEBOTOP.

Pak Haji juga merupakan seorang pendiri dan pencetus KADODAHSAT yang bergerak di bidang Sosial dan Kemanusiaan. KADO DAHSAT merupakan singkatan dari Komunitas Donor Darah Sukarela Tebo sebuah komunitas yang mengajarkan untuk berbagi antara satu sama lain tanpa mengenal status, ras, suku dan golongan tertentu. Komunitas ini berbasis Media Sosial WA yang telah beranggotakan ratusan pendonor yang sukarela tanpa biaya sepeserpun membantu orang-orang yang membutuhkan darah di Kabupaten Tebo.

Selain itu sosok Adhi Sawank yang mendapat mandate sebagai pemateri dalam pelatihan kewirausahaan yang dengan materinya “Yang Muda, Yang Kreatif” menjadi pembeda dengan gayanya yang Seorang SLANKERS memberikan motivasi bagi para peserta pelatihan untuk terus berbuat demi diri sendiri dan sebuah jati diri atas sebuah sebutan “Pemuda itu Harus Kreatif”. Pria ini juga aktif dan bersinergi dengan komunitas motor vespa serta telah memiliki usaha mandiri di bidang pemesanan Tiket pesawat dan menjadi agen resmi merchandise bagi para pecinta SLANKERS. Setiap harinya ia habiskan dengan memberikan aura positif seperti virus yang menyebar dan berdampak pada sebuah iklim yang kondusif dalam kewirausahaan. Mimpinya Bersama TEBOTOP adalah Menjadikan TEBO MAKIN TOPPP. Sebuah mimpi yang keren dari pemuda yang berasal dari kecamatan TEBO ULU.

Luar dari itu ada seorang pemuda yang dihadirkan dalam pelatihan Kewirausahaan tersebut yaitu Hananto Maryan biasa dipanggil Ryan. Dia salah satu pengusaha muda dan eksis dengan brand ‘SEDUDUK KOPI’ sebuah usaha yang ia rintis dan masih bertahan sebagai bentuk menumbuhkan sebuah brand bagi pecinta kopi di kabupaten Tebo. Ryan juga aktif dalam usaha lainnya dan telah memiliki sebuah usaha yang bergerak di bidang Konsultan Tata Ruang.

Foto bersama Pemateri dan peserta di acara Pelatihan Kewirausahaan Disporapar TEBO

Tulisan ini juga sebagai jembatan Informasi bagi anda semua masyarakat Tebo tentang sebuah konsep. ‘membangun Kabupaten Tebo’ yaitu dengan cara mandiri tanpa harus menunggu dan mulai dengan segala daya yang dimiliki. Mari kita Mulai dan bergerak. Berbuat untuk Rumah dan Tempat kita dilahirkan yaitu Kabupaten Tebo tanpa harus NYINYIR dengan keadaan. Seperti kita hapus istilah ‘CEBONG dan KAMPRET’ Yang ada Hanya ‘Garuda Pancasila’ seperti tagline yang muncul di Televisi swasta sebelumnya.

Sebagai pamungkas dari tulisan ini. Sebuah pesan dari kami TEBOTOP bagi kalian para Pemuda seperti orasi bung KARNO. “Beri kami Sepuluh Pemuda, maka Kami akan mengguncang Dunia”. Memang orasi tersebut sering di anggap Hiperbola. Namun, Bukan berarti tidak mungkin. Banyak di luar sana pemuda-pemuda sukses yang memulai usaha kreatifnya dari hobi dan kesukaan menjadi PENGUSAHA SUKSES.

Sekian dan Terima Kasih.

TOP…TOP…TOP TEBO MAKIN TOP.

By: TEBOTOP MULTIMEDIA

No comments:

Post a Comment