""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Wednesday, August 28, 2019

Loyang Dogan Salah Satu Makanan Khas Tebo Dari Desa Semabu disertai Videonya

Loyang Dogan Salah Satu Makanan Khas Tebo Dari Desa Semabu.

Top Top Top
Tebo Makin Top

Kabupaten Tebo salah satu kabupaten di Provinsi Jambi yang ternyata memiliki khasanah budaya. Salah satunya dalam kuliner. Masih terletak di Ibukota kecamatan Tebo yaitu kecamatan Tebo Tengah. Tepatnya, di sebuah desa yang bernama Semabu. ada cerita menarik dari nama desa tersebut yang konon dari gabungan dua kata yaitu "semak" dan "Abu" pada masa itu ada sebuah ladang/perkampungan yang terbakar hebat. Sehingga ditinggalkan. Selanjutnya ada tokoh dari sebuah perkampungan yang mengajak pindah ke tempat tersebut. lalu ditetapkan nama desa Tersebut menjadi "Semabu" sampai saat ini menjadi DESA SEMABU.

Seperti sebelumnya, Tebotop pernah mengulas tentang Nasi Beibat dari desa semabu di chanel youtube kita. Silahkan kunjungi chanel kita. Kali ini kami akan sedikit memberitahu bahwa ada Kue atau makanan yang sangat khas dari desa Semabu, Kecamatan Tebo Tengah, kabupaten Tebo, Provinsi Jambi.

Makanan ini berbahan utama dari Dogan. Bahasa Indonesia mengartikan dogan dengan sebutan kelapa muda. Daging kelapa muda itu di ambil di campur dengan bahan-bahan lainnya dan dimasak dengan Loyang. Menghasilkan sebuah makanan yang manis, enak dan tentunya gurih. Bagi masyarakat Tebo yang pernah mencicipinya tentu akan sangat kenal dengan cita rasa yang ditimbulkan ketika makan kue atau makanan ini. Nama Kue/Makanan tersebut bernama "LOYANG DOGAN" 
Loyang Dogan Oleh www.tebotop.com


Khusus bagi anda yang penasaran dan belum tahu tentang loyang dogan silahkan saksikan Video Ini:




Bagaimana dengan video di atas. Tentunya menggugah selera anda. Biasanya Kue/makanan Loyang dogan hadir saat Hari raya, Kegiatan Masyarakat, dan di pesta pernikahan. Namun, jika anda ingin mencicipinya tak perlu harus menunggu ya. Anda bisa melakukan pesanan untuk dapat menikmati Loyang dogan.

Kami juga TEBO TOP merekomendasikan salah satu pemudi asli dari desa semabu yang menjual loyang dogan dan artinya anda bisa melakukan pesanan.

Jika berminat Silahkan hubungi: Fitri 0812-7118-6565

Semoga Tulisan ini dapat mempromosikan LOYANG DOGAN sebagai Kuliner Khas yang dimasukkan dalam Hak Kekayaan Intelektual berupa makanan Khas dari Kabupaten Tebo yang patut di banggakan.

Info Penting
Silahkan Hubungi kami:

Tebotop Multimedia 
Melalui Nomor ini:0813-6823-0119

jika ingin diliput baik itu komunitas, Kegiatan Masyarakat, Ekonomi kreatif dan Khasanah Budaya serta Keunikan lainnya.

Salam Tebotop...Top Top Top Tebo Makin Top.
by: Tebotop Multimedia.

No comments:

Post a Comment