""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Tuesday, November 12, 2019

Filosofi Bunga Bak Pahlawan Negeri

Desain By Ifahntastic
Pada saat kita berjalan disuatu taman kita pastinya melihat bunga-bunga yang indah bermekaran dan mewangi, tetapi terkadang kita juga melihat bunga-bunga yang jatuh kebumi yang sudah melewati masa mekar dan mengindahkan dunia. Tetapi terbesit difikiran bahwa bunga ibaratkan pahlawan negeri yang pernah berjuang untuk memberikan apa yang terindah untuk kita sekarang, bunga yang mewangi akan selalu dikenang dan dipuji sebagai keindahan sang pencipta.

Berjuta pahlawan yang gugur pejuang kemerdekaan adalah sebagai kusuma bangsa yang telah gugur namun jasanya akan dikenang sepanjang masa karena merelakan masa mudanya, merelakan hartanya, bahkan nyawanya untuk negeri yang dicintainya melebihi cintanya pada dirinya sendiri. Tidak peduli mengalir sungai darah, tak peduli sebagian tubuh telah menjadi bangkai tetapi mereka tetap kuat karena keyakinan nya pada tuhan dan semangat patriot serta sikap nasionalisnya kepada tanah air kita tercinta ini.

Perjuangan Pahlawan bangsa yang gugur adalah bukti bahwa cita-cita kemerdekaan  itu bukanlah mimpi semata, karena keyakinan tuhan akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum tersebut berusaha mengubahnya sendiri. Dengan mukzizat tuhan serta  senjata dari hutan negri ini berupa bambu runcing pun pahlawan negri ini mampu merubah takdir untuk negri yang sudah lama diperbudak oleh penjajah. Dan seakan alam negeri ini juga memdukung perjuangan para kusuma bangsa.

Pada saat ini kita sebagai penerus bangsa ini hanya bisa menikmati kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh nyawa dan darah tampa bisa membalas perjuangan mereka. Negeri ini sudah krisis pemuda dan pemudi berjiwa nasionalis, berjiwa patriotisme.

Renungkan bagaimana penderitaan mereka dahulu. Tiada mereka kita mungkin tak seperti sekarang ini yang serba modern dan sebebas apa yang mau kita lakukan. Tentunya kita harus hargai perjuangan mereka dengan berjuang kembali untuk membangun negri kita tercinta ini walau bukan dengan angkat senjata tetapi dengan pemikiran, ide-ide serta kegiatan yang positif untuk negri ini dan kemajuan bangsa ini.

Tidak lupa pula kita ajarkan dan ceritakan kepada generasi penerus selanjutnya tentang cerita fakta sejarah yang kelam yang pernah menyelimuti negri ini beratus abad lamanya serta penderitaan dan pengorbanan orang yang kita anugerahi sebagai pahlawan.
         
Marilah kita sebagai pemuda dan pemudi generasi bangsa tanamkan jiwa cinta tanah air dengan melawan setiap tindakan dari oknum,kelompok penghancur dan perusak negri. Tanamlah kembali bunga disetiap pelosok negri agar harumnya selalu abadi untuk selama-lamanya dengan cara tidak melupakan sejarah bangsa!!. Sebagai generasi penerus bangsa patutnya kita bersatu agar kita tidak mudah terpecah belah oleh musuh bangsa. Dan kita wajib meneruskan perjuangan para pahlawan kita.

Untuk Pahlawan yang telah tiada senantiasa kita berdoa agar mereka diberikan tempat yang terindah disisi tuhan karena syahid nya. Di negeri ini juga masih banyak pahlawan yang masih hidup, ada yang hidup dalam kesengsaraan dihari tuanya, bahkan untuk makan sehari-hari pun dia harus bekerja yang tak seharusnya iya lakukan lagi. Marilah kita membalas jasa nya kepada negeri ini. Kenapa demikian?, Jawabnya adalah dia telah mempertaruhkan nyawanya untuk bangsa sampai bangsa ini benar benar merdeka. Tetapi miris jika kita tidak peduli terhadap mereka veteran bangsa atau pahlawan yang berjasa terhadap negara. Patutnya kita sebagai generasi penerus memperhatikan nasib mereka sekarang karena tampa mereka kita mungkin tidak akan bisa hidup dinegara indonesia yang sekarang ini. Marilah kita jaga dan kita rawat bunga yang telah memberikan harumnya untuk negeri ini. Karena setiap tindakan kita yang baik dan positif adalah penghargaan untuk mereka para pahlawan tinggal kita untuk membangun negeri ini dengan kemampuan yang kita miliki.

Semangat para pahlawan perlu kita terapkan dikehidupan kita sehari-hari karena langkah dan tindakan kita menentukan masa depan kita sebagai generasi penerus bangsa. Cita-cita para pahlawan tidak hanya untuk kemerdekaan tetapi cita-cita yang besar adalah untuk bangsa ini agar bisa menjadi bangsa yang besar yang disegani oleh bangsa lainnya.

Tanamkan rasa cinta tanah air didiri kita, jangan menjadi manusia yang apatis kepada diri sendiri, orang lain dan bangsa ini. Karena bangsa indonesia membutuhkan anak bangsa yang berpegang teguh pada pancasila dan undang-undang dasar. Dari situlah pedoman kita hidup yang kedua karena yang pertama tetaplah kitab suci agama kita masing-masing.

Pemuda dan pemudi indonesia jangan lah kalian lupa dengan sejarah bangsa ini, karena bangsa yang besar dan bangsa yang kokoh adalah bangsa yang menghargai setiap jerih payah pengorbanan nyawa para pahlawan yang gugur merebut dan mempertahankan kemerdekaan indonesia. Maka dari itu kita sebagai pemuda dan pemudi indonesia harus bergerak maju untuk masa depan yang cerah dan meraih kesuksesan serta menjaga kedaulatan negara kesatuan indonesia dengan cara apapun dan menjaga keutuhan bangsa kita ini dengan sebaik baiknya. Itulah cara menghargai jasa para pahlawan yang sudah terbaring dipusara peristirahatan  mereka yang terakhir dan mengisahkan kenangan pilu yang tak ingin mereka rasakan pada kita anak cucu generasi bangsa. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pemahaman tentang siapa itu pahlawan bangsa.

(By : Januar Efendi)

No comments:

Post a Comment