""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Saturday, February 29, 2020

Bersyukur Sebagai Salah Satu Kunci Kesuksesan

Bersyukur Sebagai Salah Satu Kunci Kesuksesan 

Top Top Top
Tebo Makin Top

Kehidupan adalah sebuah anugerah dari Sang Pencipta. Sesekali kita sebagai manusia akan merasakan sebuah keadaan dimana semuanya sudah tiada berguna. Pernahkah kita seperti itu? jika pernah anda rasakan kehidupan tiada berguna. Artinya saat itu, kita dalam keadaan yang kurang bersyukur atas apa yang kita miliki.

Setiap pintu masalah pasti punya kuncinya sendiri untuk dapat kita buka menjadi sebuah solusi. Saat diri merasakan terimpit oleh keadaan ekonomi. Saat diri dituntut dengan sebuah tanggung jawab. Saat diri ter-jerat oleh beban kehidupan. Saat diri merasakan waktu yang hilang percuma. Saat diri menjadi merasa tiada berguna. Saat semuanya dalam sebuah tanda tanya? jawaban yang sederhana dan bisa kita temukan adalah menyikapinya dengan Bersyukur.

Bersyukur Sebagai Kunci Kesuksesan oleh TEBOTOP


Memahami Kata "Bersyukur"

Bersyukur yang memiliki kata dasar Syukur berasal dari bahasa arab yaitu 'Syakara' yang artinya Berterima kasih. serta bentuk lain dari kata Syukur dalam bahasa arab biasa disebut juga 'Syukraan' yang memiliki arti Rasa Terima kasih.

Setelah kita mengetahui makna kata bersyukur tersebut. Tentunya bisa menjadi dasar untuk menyikapinya dengan akal pikiran yang kita punya sebagai pilihan untuk menyikapi keadaan-keadaan yang kita anggap sebagai sebuah masalah.

Sesekali dengan akal pikiran yang kita miliki sebagai manusia. Konsep bersyukur merupakan sebuah cara memandang kehidupan. Mari kita renungkan bersama dengan akal pikiran yang kita punya. kita gunakan untuk dasar menuju kebahagiaan yang akan berbuah menjadi sebuah kesuksesan.

Mari kita mulai dengan saat diri bangun dari tidur, Semua organ tubuh sudah bekerja tanpa instruksi. kita bisa mulai merasakan dengan cara menghirup dalam udara segar di pagi hari. kedua kelopak mata membuka dan memberikan gambaran apa yang ada disekeliling kita. Selanjutnya otak akan mulai memberikan apa yang harus kita lakukan hari ini dalam kehidupan dan beraktivitas. Sebaliknya dan Sejatinya jika kita berpikir sederhana. kehidupan itu hanya untuk memenuhi kebutuhan tubuh dengan makan dan minum lalu beristirahat. sederhana sekali bukan? Tapi sebaliknya, manusia cenderung melupakan apa yang dia butuhkan dan apa yang ia miliki. sehingga ia akan berupaya untuk mencapai keinginan-keinginan yang jika tidak mampu terpenuhi akan membawanya pada sebuah keadaan yang ia anggap sebagai sebuah kegagalan, kekurangan, dan kemalangan. 

Keadaan keadaan tersebutlah yang membuat manusia lupa dan menjadikannya sebagai sebuah masalah yang berat dan membebani kehidupannya. Untuk itu, kita bisa menjadikan Bersyukur sebagai sebuah solusi atas apa yang terjadi. Seperti kita memahami sebab akibat, seperti kita memahami asal-muasal. Seperti kita memahami diri sendiri dan keluarkan pertanyaan yang sangat mendasar. pertanyaannya adalah Apa sih yang sebenarnya kita butuhkan dalam kehidupan?

Jika sudah muncul pertanyaan tersebut maka kita sebagai manusia pastinya akan berusaha mewujudkan. Caranya kita gunakan potensi yang ada dalam diri. Gali potensi untuk mendapatkan capaian yang kita ingin wujudkan. Jika kita tidak pada capaian tersebut. sebenarnya itu sebuah tanda bahwa itu adalah batas dari kebutuhan yang bisa kita realisasikan.

Seorang miliarder akan disebut sukses dengan semua yang ia punya? apakah seperti itu. tapi bayangkan jika miliarder itu menjadi kaya raya dan dibilang sukses namun disisi lain dia sakit-sakitan. Miliarder itu membatasi diri dalam hal tidak bisa lagi menikmati makanan yang menjadi pantangan dalam sakitnya. Maka sebenarnya ia telah gagal. karena demi mencapai kesuksesan yang kita sering anggap keberhasilan. Miliarder itu telah kehilangan sebuah nikmatnya yaitu Kesehatan. Hal ini hanya contoh kecil. Banyak motivator dan alim ulama yang mengingatkan tentang konsep bahagia adalah dengan bersyukur. kita bisa simpulkan dengan kalimat "Orang Beryukur adalah orang yang SUKSES".

Memahami "bersyukur" Dari Dua Surah dalam Al-quran

Nih.. bagi kalian yang ingin TOP dan sebagai Umat Islam. Ini ada dua referensi Bersyukur yang bisa dipedomani untuk kehidupan.

1. Surah Ibrahim ayat 7

Bahasa Arab Latinnya : Wa iż ta`ażżana rabbukum la`in syakartum la`azīdannakum wa la`in kafartum inna 'ażābī lasyadīd.

Artinya : Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

2. Surah Lukman ayat 12

Bahasa Arab-latinnya : Wa laqad ātainā luqmānal-ḥikmata anisykur lillāh, wa may yasykur fa innamā yasykuru linafsih, wa mang kafara fa innallāha ganiyyun ḥamīd.

Artinya : Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: "Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji".

Berdasarkan Dua ayat pada dua surah di atas. Mari Kita pahami apa itu bersyukur. Seperti pada surah Ibrahim ayat 7 dengan artinya tersebut. Bila kita manusia ingkar atap melupakan atas apa yang kita punyai, atas apa yang kita miliki. maka kita akan kehilangan atau kerugian dengan kata adzab yang akan manusia dapatkan. Namun sebaliknya, Jika manusia tersebut Bersyukur maka akan datang segala Nikmat-nikmat yang terus ditambahkan dengan dasar manusia itu mampu BERSYUKUR.

Sedangkan pada surah Lukman ayat 12 orang yang bersyukur akan mendapatkan semuanya untuk dirinya sendiri. jika manusia tidak bersyukur Allah Maha kaya dan Lagi Maha Terpuji yang bisa kita maknai. Bersyukur atau Tidaknya seorang manusia merupakan sebuah Pilihan yang menitikberatkankan pada keputusan yang di ambilnya. yang berarti kerugian tetap pada diri manusia dan tidak berdampak kepada Sang Pencipta ALLAH S.W.T

Semoga apa yang admin bagikan ini memberikan anda pengunjung web TEBO TOP untuk Menjadi manusia yang bersyukur atas kehidupan, apa yang dimiliki dan apa yang akan diusahakan. Mari kita terus bersyukur dengan didasari kepedulian antar sesama dan terus memberikan manfaat kepada manusia lainnya.

Akhir kata, Tulisan ini tanpa ada maksud untuk menggurui anda semuanya yang membaca. Ini merupakan salah satu cara Kami Tebo Top untuk berbagi. Jika ada hal yang kurang berkenan pada anda semua Admin memohon maaf dan pada ALLAH S.W.T memohon ampunan.

Tetap semangat dan Terus Bersyukur untuk Tebo Makin Top.

Hormat Kami

TEBO TOP MULTIMEDIA.

No comments:

Post a Comment