""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Monday, March 9, 2020

Hari Ini 09 Maret Sebagai Hari Musik Nasional

Hari Ini 09 Maret Sebagai Hari Musik Nasional

Top Top Top

Tebo Makin Top

Tahukah anda semunya, Bahwasanya hari ini 09 maret menjadi hari musik nasional. Hari musik nasional ditetapkan sejak jaman kepemimpinan Bapak Susilo bambang Yudhoyono selaku Presiden saat itu. Tepatnya pada 09 Maret 2013. Penetapan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden nomor 10 Tahun 2013.

Pemilihan tanggal sembilan maret sebagai hari musik nasional bukan tanpa sebab. Pemilihan 09 maret bertepatan dengan Maestro Legendaris Indonesia yaitu sesuai dengan tanggal lahir Wage Rudolf Soepratman yang lahir di Purworejo, Jawa tengah dan merupakan Pencipta Lagu kebangsaan Negara Indonesia: "Indonesia Raya".

Namun Sayang, Sang Maestro tdak sempat mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Tersebut yang telah ia ciptakan. Berdasarkan sejarah,  Ia diburu Polisi Hindia Belanda saat itu. Lalu jatuh sakit di Surabaya dan Menghembuskan Nafas Terakhirnya pada 17 Agustus 1938. Ternyata, bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia ya. 

Selamat Hari Musik Nasional : www.tebotop.com


Sekilas Tentang Musik Indonesia

Musik Indonesia yang kita kenal juga musik Nusantara merupakan sebuah warisan dari banyak aspek yaitu dari bahasa, Kebudayaan, dan Agama. Khazanah Musik Indonesia dapat dilihat dari beragam alat musik yang ada di Indonesia Seperti; Angklung, Gamelan, Kolintang, Sasando, dan kita juga mengenal Kompangan. Sungguh beragam dan memberikan warna tersendiri di setiap Musiknya.

Musik di Indonesia juga punya genre tersendiri yang menjadi khas Indonesia seperti Keroncong dan Dangdut yang telah dikenal dunia.Musik Indonesia juga mengalami pembaharuan dari masa ke masa. Seperti Masa Sebelum Hindu-Buddha musik identik dengan alat tiup, dilanjutkan pada masa jaman Hindu-Budha musik mengalami perkembangan dengan berpusat di daerah jawa dengan musik gamelannya. Setelah itu, Saat masuknya Agama Islam di Indonesia. Musik Nusantara kembali berkembang dengan ragamnya yaitu dengan adanya alat musik Gambus dan menjadi Kelompok Orkes Gambus dengan alat musik Akordeon, biola dan mandolin (sejenis Gitar). Pada masa kolonialisme musik lagi-lagi berkembang dengan masuknya beragam alat musik yang dibawa oleh mereka saat itu yaitu : cello, gitar, flute dan ukulele. nah, Selanjutnya saat perpaduan antara musik India dan melayu muncullah musik dangdut yang semakin populer oleh sosok Bang Haji Rhoma Irama. Seperti lirik lagunya "Dand dut ta ta ta ta".

Saat ini genre musik sudah banyak dan ikut dengan perkembangan Musik dunia. Untuk itu mari kita jaga musik tradisional yang ada di Nusantara dengan melestarikannya sembari menikmati beragam musik yang ada saat ini.

Selamat Hari Musik Nasional. Bangga Dengan Musik Tradisional.

Salam hormat buat para musisi Indonesia baik Tradisional maupun Moderen. Selamat Berkarya dan Memajukan musik Nasional Negeri Kita Indonesia.

Salam Dari Kami

TEBOTOP MULTIMEDIA.

No comments:

Post a Comment