""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Saturday, May 2, 2020

Haru Biru Di Hari BURUH, MAYDAY Selamat Hari Buruh Dan Tetap Semangat Di Tengah Pandemi

Top Top Top
Tebo Makin Top

Hari buruh yang diperingati pada tanggal 1 Mei merupakan sebuah peringatan dalam peristiwa Haymarket yang terjadi pada tanggal 4 mei tahun 1886. Setelah itu hari buruh di Amerika serikat diperingati pada tanggal 1 mei.

Buruh juga identik dengan sebuah pekerjaan yang kasar dan dianggap rendahan. Saat Zaman itu tahun 1886 Buruh dipekerjakan dengan tidak wajar. Durasi pekerjaan 10 sampai 16 jam satu hari. Mungkin, Kita identik mengenalnya dengan sebutan Kerja paksa atau Rodi.

Bagi anda yang belum tahu tentang Apa itu Buruh. Berikut ini penjelasan Kata "Buruh" dari KBBI.

Buruh berasal dari kata yang berarti "kerja". Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) KERJA adalah “sesuatu yang dilakukan untuk mencari nafkah; mata pencaharian; bekerja”.

Namun, di negara kita Indonesia sebutan untuk orang yang bekerja mencari nafkah atau mata pencaharian cukup banyak, yakni buruh, pekerja, tenaga kerja, pegawai, dan karyawan.

Berikut ini pengertian kelima istilah yang sama-sama ditujukan bagi orang yang bekerja itu:

1. Buruh = orang yang bekerja untuk orang lain dengan mendapat upah; pekerja.
2. Pekerja = orang yang bekerja; orang yang menerima upah atas hasil kerjanya; buruh; karyawan.
3. Tenaga kerja = orang yang bekerja atau mengerjakan sesuatu; pekerja, 
4. pegawai; orang yang mampu melakukan pekerjaan, baik di dalam maupun di luar hubungan kerja.
5. Pegawai = pekerja di kantor; karyawan.
    Karyawan = orang yang bekerja pada suatu lembaga (kantor, perusahaan,  
    dan sebagainya) dengan mendapat gaji (upah); pegawai; pekerja.

Tampak jelas pengertian kelima istilah tersebut hakikatnya sama, yakni sama-sama merujuk pada orang yang bekerja (worker). Kelima istilah itu bergantian masuk dalam pengertian satu sama lain.

Secara Sederhana dari lima Istilah Kerja dan salah satunya "BURUH" dapat kita maknai sebagai sebuah pekerjaan dilakukan untuk orang lain dengan mendapatkan upah atau gaji.

Ilustrasi Buruh 

Peringatan Haru Biru di hari Buruh 1 mey 2020

1 mei tahun 2020, di tengah keadaan pandemi. Banyak cerita yang kurang mengenakkan bagi saudara-saudara kita para buruh yang sangat terdampak dari Pandemi COVID 19 ini. Banyak Buruh yang di PHK dan Dirumahkan, Ada juga Buruh yang terpapar Covid di pabrik rokok, Ada juga Buruh yang harus turun ke jalan menyambung hidup berjualan seperti Karyawan perusahaan makanan besar KFC yang viral berjualan di pinggir Jalan.

Kita semua terkena dampak Pandemi ini. Namun, Mereka buruh pun juga salah satu pekerjaan yang sangat mendapatkan dampak dari Pandemi ini. Mereka harus dirumahkan. Biasanya, Perayaan hari buruh sebagai bentuk cara mengaspirasikan tuntutan untuk kehidupan yang lebih baik. Saat ini, tidak bisa dilakukan karena mereka tahu jika dilakukan tentunya akan melanggar aturan pembatasan sosial yang tentunya tidak boleh berkerumunan atau berdemo di jalanan.

Jika Pandemi ini berlangsung lama, Bukan tidak mungkin PHK dan Pemberhentian sepihak akan diterima oleh buruh akan semakin banyak dan tingkat pengangguran akan semakin tinggi.

Kenapa Haru Biru? saat mereka para buruh biasanya menyampaikan aspirasinya di hari buruh. Mereka harus dihadapkan dengan pil pahit realita/kenyataan bahwa pandemi corona berdampak dengan pekerjaaan yang dilakukannya. Apa mau dikata. Mereka hanyalah pekerja.

Tidak hanya buruh, Saat pandemi ini pun kita semua mengalami dampak yang sama. Petani, Peternak, Karyawan, pekerja lepas, Tukang ojek, Supir Transportasi, Banyak lagi lainnya.

Siapapun kita harus menyikapi dengan kepala bijak dan bersabar atas apa yang terjadi saat ini. Sesekali, lihatlah saudara kita di kanan dan kiri. Barangkali kita bisa saling berbagi. Tidak perlu banyak, yang penting kita peduli. 

Harapan Di tengah Pandemi

Satu harapan ditengah pandemi dan di bulan ramadhan ini. Mari kita sama-sama berdoa dan berharap sama. Pandemi Virus corona/covid 19 ini segera berakhir. Sehingga kita semua bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Sehingga peluang kerja kembali terbuka, ekonomi membaik dan berjalan normal kembali. Ingat!!! Pandemi ini terjadi di seluruh dunia. Tidak hanya di Indonesia. Bagian negara lain sana sudah banyak yang kehilangan Nyawa bukan pekerjaan. 

Mari kita terus berharap dan saling menjaga satu sama lain dengan kepedulian dan bergotong-royong. Bagikan bantuan yang ada pada yang memang tepat sasaran. Jangan jadikan kita menjadi manusia yang serakah dan melupakan saudaranya. Mari berbagi di tengah pandemi. Biarkan para pejuang membantu pasien yang terinfeksi dan kita ikuti dan jalani peraturan yang ada untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Semoga kita semua bisa melewati masa sulit ini bersama-sama. Esok di Mayday selanjutnya rekan buruh bisa menyampaikan aspirasinya dan kita kembali beraktivitas seperti biasa.

Salam dari kami untuk rekan-rekan buruh di Indonesia dan Selamat Hari Buruh. Semoga esok lebih baik dari hari ini.

Top Top Top 
Tebo Makin Top


No comments:

Post a Comment