""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Friday, June 5, 2020

3 Hal Yang Kita Jaga DI Kabupaten Tebo Pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia 05 Juni 2020

Top Top Top
Tebo Makin Top

Saat ini dengan adanya Pandemi Corona Ada hal baik yang terjadi di Bumi. Salah satunya Menutupnya lubang di lapisan Ozon. lapisan yang menjadi benteng dari serangan benda benda luar angkasa yang menabrak bumi. Keaadaan yang berdampak untuk kelangsungan Hayati semua makhluk hidup. Kita sebagai manusia hanya dimita untuk Hidup bersih dan sehat. Sedangkan Flora dan fauna yang ada di muka bumi hidup dengan keadaan lingkungan yang semakin tidak bersahabat dan bisa anda temukan jawaban nya kenapa?

Peringatan Hari Linkungan hidup sedunia ini berawal dari Konferensi di Swedia pada tanggal 05 Juni 1972. Konferensi yang dihadiri oleh bapak Emil salim perwakilan dari Indonesia. Tema Hari Lingkungan hidup tahun 2020 tentang Keanekaragaman Hayati. Untuk  kita yang hidup di desa desa tentunya masih banyak dan sering berjumpa dengan makhluk yang di anggap orang yang hidup di Kota asing. Seperti Kalajengking, lipan, bahkan ular.



Jika kita hubungkan dengan Kabupaten Tebo Tempat kita berdiri dan Hidup. Banyak hal yang patut kita syukuri dan harus kita jaga dari hal terkecil yaitu menjaga Lingkungan Hidup. Jika berkenan, ada 3 beberapa hal yang kita patut jaga di Kab. Tebo

1. Menjaga Sungai

Sungai batang hari yang melintasi Tebo.lalu batang Tebo itu sendiri merupakan sebuah aset yang harus dijaga. Jika tahun-tahun yang lalu banyak di jumpai Ikan. Kini, sebagian dari anda mungkin merasakan perubahan yang terjadi. Berkurangnya kehidupan di sungai dikarenakan kerusakan yang bisa saja kita yang merusaknya. hal sederhana adalah limbah dan sampah. Ayo kita jaga sungai kita bersama.

2. Melestarikan buah lokal

Sesekali kita lihat di media pemberitaan Online lainnya. Tebo masih punya banyak Buah buahan lokal yang berasal dari hutan di wilayah Tebo. Seperti Buah Tampui dan banyak buah lainnya yang jika dijaga dan dilestarikan menjadi sebuah kekayaan Alam dan bukan tidak mungkin memiliki nilai jual dan nilai ekonomi.

Bukan Tidak mungkin anda-anda anak muda kabupaten Tebo bisa mengembang biakan Buah-buahan Lokal dari hutan tersebut menjadi Buah yang bisa berada di pasaran dan akan memiliki nilai jual yang tinggi dan bisa menghidupkan ekonomi di masyarakat sekitar.

3. Berdamai dengan Satwa.

Tebo dengan Hutan-hutan nya yang masih ada di sela-sela Perkebunan maupun pemukiman. Hutan tersebut menjadi tempat hidup tidak hanya bagi floran dan Fauna. Ada juga Suku Anak dalam. Terlepas dari itu, Sesekali terjadi konflik antara kepentingan yang harus ditemukan penyelesaiannya. Berdamai dengan Alam terutama Satwa yang dilindungi seperti Gajah maupun harimau. Selain dua hewan tersebut masih ada satwa lainnya yang patut di jaga kehidupan dan Populasinya. Kehidupan bukan hanya milik kita. Satwa pun punya hak Hidup dengan kita menjaga lingkungan mereka tetap ada dan jangan sampai dirusak oleh tangan Kita sendiri.

3 hal tersebut sebenarnya bisa kita lakukan dengan beragam cara sederhana. memulainya dari diri sendiri. Kita jangan menjadi makhluk yang serakah. Jika lingkungan terjaga maka kehidupan juga akan terus terjaga. hal di atas juga hanya sebagai sebuah gambaran kecil yang bisa anda baca. Ayo kita mulai dari lingkungan sekitar kita dengan membuang sampah pada tempatnya, hidup sehat dan beprilaku baik kepada alam sekitar.

Semoga apa yang Tebo Top Tulis memberikan makna bagi anda semua. Salam dari kami.

TOP TOP TOP
TEBO MAKIN TOP.

By TEBO TOP MULTIMEDIA.


No comments:

Post a Comment