""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Friday, August 28, 2020

Tiga Hal Utama Yang Didapat Saat Menjalankan Puasa Asyura 10 Muharram

TopTop Top
Tebo Makin Top

Bagi Umat Islam tentu tahu salah satu ibadah yang biasa dilaksanakan di Bulan Muharram dalam Penanggalan Hijriyah. Muharram sebagai bulan baru dalam penanggalan Hijriyah membuka lembaran Ibadah bagi Umat Islam. Salah satunya adalah Puasa Asyura.

Sebelum itu, tentunya kita tahu. Puasa merupakan sebuah Kegiatan manusia untuk menahan diri dari makan dan minum serta tidak melakukan perbuatan yang tentunya bisa membatalkan puasa. Puasa atau shaum yang merupakan ibadah dalam islam yang telah dilakukan terlebih dahulu sebelum Nabi Muhammad SAW membawa perintah Shalat seperti yang umat islam lakukan saat ini.

Mengenal Puasa Asyura

Puasa ini dilakukan bertepatan dan dilaksanakan di bulan Muharram. Tepatnya dilakukan di bulan Muharram. Tanggal 29 Agustus 2020 bertepatan dengan puasa asyura. Puasa ini merupakan sebuah ibadah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW saat hijrah dari Makkah ke Madinah.Saat Di kota Madinah Nabi mengetahui dan melihat Orang Yahudi melakukan Puasa. 

Menurut sebuah sejarah islam. Puasa ini dilakukan oleh orang yahudi pada 10 muharram dalam rangka memperingati peristiwa Nabi Musa AS dan Bani Israil dari kejaran Raja Firaun yang ingin Menghabisi Nabi Musa AS dan Pengikutnya. "wa wallahu a'lam bishawab"

Tiga Hal Utama Didapat Saat Menjalankan Puasa Asyura 10 Muharram


Ada Tiga Hal Utama Yang Didapat Saat Menjalankan Puasa Asyura.

Melalui sepenggal kisah di atas Ada Tiga hal utama akan kita dapatkan saat menjalankan Puasa Asyura.

1. Bagi setiap dari kita yang menjalankan Ibadah puasa tersebut tentunya merupakan sebuah cara untuk mengikuti jejak dari Nabi Muhammad SAW yang telah melakukannya. Sebelumnya Puasa tersebut wajib namun menjadi Sunah. Saat Ibadah Puasa Asyura tergantikan oleh datangnya perintah Puasa Ramadan.

2. Sebagai Puasa Awal Tahun. Puasa Asyura identik sebagai puasa yang juga dijalankan oleh kaum yahudi. Namun, Puasa ini bisa dibarengi puasa sunnah lainnya yaitu puasa Tasua yang jatuh pada satu hari sebelumnya atau 09 Muharram dalam penanggalan Hijriyah. Dengan kata lain, Puasa Asyura bisa dijalankan sendiri atau dibarengi dengan puasa tasua pada hari sebelumnya. Semuanya kami kembalikan bagi anda yang meyakini bahwa Puasa Asyura adalah puasa yang dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW dan kita sebagai Umat islam mengikuti apa yang telah dilakukannya terlebih dahulu.

3. Dalam riwayat H.R. Muslim "Mengatakan Puasa asyura memiliki keutamaan bagi yang menjalankannya akan mendapatkan ampunan atas dosa-dosa kecil satu tahun yang lalu". Tentunya setiap perbuatan baik akan mendapatkan kebaikan. Sebuah harapan besar yang dapat kita lakukan sebagai Umat Islam adalah mengikuti ajaran dan menjauhi semua larangan dalam menjalankan Ibadah didasari Keimanan.

Tiga hal utama di atas hanya sebagian kecil pemahaman dari kami dan mimin sebagai penulis. satu hal yang pasti melalui keyakinan dan keimanan akan mengantarkan kita semua sebagai pribadi yang taat dalam menjalankan semua ajaran Agama Islam.

Bagi anda yang ingin menjalankan puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram atau 29 Agustus 2020.
Berikut bacaannya:

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnati 'Asyura lillahi ta'ala.

Artinya:

Aku berpuasa sunah Asyura karena Allah SWT.

Selain itu dalam H.R Muslim Lainnya mengatakan " Maka tatkala puasa Ramadan diwajibkan, Rasulullah bersabda, 'Siapa yang suka puasa di hari Asyura silakan ia berpuasa, dan siapa yang tidak suka, boleh meninggalkannya"

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Sunah Asyura.

Semoga Tulisan Ini bermanfaat.

Salam Dari kami TEBOTOP

Top Top Top
Tebo Makin Top

By: TEBOTOP MULTIMEDIA



No comments:

Post a Comment