""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Friday, August 26, 2022

Hadiri Kenduri Swarnabhumi 2022 di Tebo, Ini Catatan Pembina TEBOTOP

 

Doc. TEBOTOP Multimedia


Selamat dan Sukses atas terselenggaranya Kegiatan Kenduri Swarnabhumi  2022.


Salam dari kami 

Top Top Top Tebo Makin Top!


Berikut catatan yang dirangkum oleh salah satu pembina TEBOTOP, H. Eka Wijaya saat menghadiri kegiatan.


Rangkaian kegiatan Kenduri Swarnabhumi di Kabupaten Tebo pada hari Kamis, 25 Agustus 2022 diawali dengan Penyambutan Tim Ekspedisi Susur Sungai Batanghari di Tanggo Rajo Muara Tebo.


Rombongan Ekspedisi disambut dengan tarian Persembahan dan pengalungan selendang batik Tebo serta diiringi Kompangan menuju pusat kegiatan Festival Bumi Seentak Galah Serengkuh Dayung. 



Acara dilanjutkan dengan Pembukaan Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Tebo Tahun 2022 di Lapangan Merdeka Muara Tebo.


Kenduri Swarnabhumi sendiri adalah merupakan serangkaian kegiatan berbasis budaya yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek, bekerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten dan kota Provinsi Jambi dengan Provinsi Sumatra Barat sebagai upaya merawat harmoni masyarakat dan peradaban sungai melalui pemajuan kebudayaan.


Acara ini merupakan rangkaian Kenduri Swarnabhumi yang telah dilaksanakan di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat, dan di Desa Teluk Kuali Kecamatan Tebo Ulu yang bertajuk Festival Negeri Pemuncak.


Kemudian akan dilanjutkan di Kabupaten Batanghari, Kota Jambi , Muaro Jambi sertakan berakhir di Tanjung Jabung Timur.


Kenduri Swarnabhumi juga menjadi momentum untuk menyegarkan kembali ingatan masyarakat akan jejak-jejak peradaban yang ada di sepanjang Daerah Aliran Sungai Batanghari.


Sekda Kabupaten Tebo Teguh Arhadi, bersama tamu undangan pembukaan Pekan Kebudayaan Daerah di Lapangan Merdeka


Pada sambutannya Sekda Kabupaten Tebo Teguh Arhadi mengatakan, "Kabupaten Tebo merupakan kota lama yang juga Kota Sejarah".


Disampaikan juga,  "Dengan adanya kegiatan seni dan budaya pada Gerakan Seniman Masuk Sekolah saat ini diharapkan pada pembentukan emosi genarasi muda dimasa  yang akan datang".


Direktur PerFilman, Musik dan Media Baru, Ahmad Mahendra, S.Sos. sebagai Koordinator Kenduri Swarnabhumi dalam sambutannya menyampaikan "Bahwa Tebo adalah lintasan ekonomi mancanegara di masanya. Tebo sangat luar biasa, terutama dengan tempoyaknya".


Diakhir pidatonya beliau menyampaikan, "Diharapkan ditahun depan Tebo dapat menampilkan pertunjukan drama kolosal tentang Sultan Thaha". 


Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Judi Mahjudin, S.S., M.Hum. sebagai Ketua Tim Ekspedisi Batanghari dalam sambutannya mengatakan "Di Kabupaten Tebo bukan hanya Susur Sungai Batanghari tapi juga menggali potensi budaya di Kabupaten Tebo".


Setelah pembukaan dilanjutkan penandatanganan kerjasama antara pemerintah Kabupaten Tebo dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo dengan Kakanwil HUMHAM Jambi untuk Kekayaan Intelektual.


Rangkaian acara pembukaan diakhiri dengan meninjau stand pameran kebudayaan yang dilakukan oleh Direktur PerFilman, Musik dan Media Baru bersama Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan didampingi oleh Sekda Kabupaten dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan selaku Ketua Panitia.



Hadir juga dalam perhelatan ini Forkopimda Tebo, para Kepala OPD, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Pelaku Seni serta Pegiat Budaya di Kabupaten Tebo.


Pembina TEBOTOP H. Eka Wijaya saat diwawancarai oleh Edi Brokoli di Tanggo Rajo


Dalam acara ini turut hadir bersama rombongan adalah Edi Brokoli, artis dan presenter serta Offie Dwi Natalia Putri Indonesia 2019 asal Propinsi Jambi.


Sekian, catatan pembuka.

Semoga bisa mengambil manfaat dari rangkaian kegiatan yang telah dibuat.


Sebagai informasi, kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah masih berlanjut hari ini, Jum'at, 26 Agustus 2022 sampai Sabtu, 27 Agustus 2022.


Inshallah besok, TEBOTOP bersama para Biker's (komunitas motor) akan melaksanakan Riding Santai Road To Pekan Kebudayaan Daerah.


Flayer Online Undangan Seluruh Biker's


Ayoo para Biker's kita ikuti Riding Santai dengan titik kumpul di Stadion Sri Maharaja Batu.


By TEBOTOP Multimedia


No comments:

Post a Comment