""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Thursday, April 4, 2019

4M Untuk Membangun Ekonomi Kreatif Melalui TEBOTOP Dari Bpk Yudha Pranata


4M Untuk Membangun Ekonomi Kreatif Melalui TEBOTOP Dari Bpk Yudha Pranata

TOP TOP TOP TEBO MAKIN TOP

Aroma segar mulai tercium untuk TEBOTOP. Waktu yang terus berputar kami nikmati Bersama di sela-sela kesibukkan. Hal-hal baru terus digulirkan. Salah satunya TEBOTOP akan memfasilitasi ekonomi kerakyatan yang akan dimulai bulan April ini. Apakah itu? TEBOTOP berencana akan menerima konsep untuk membuka warung kuliner serupa angkringan. Posisinya terletak di pelataran sekre TEBOTOP.

Menerima ide tersebut Bpk Yudha Pranata selaku Pembina menyambut baik ide tersebut. Di sela-sela kesibukannya. Ada 4M yang diperlukan sebagai cara untuk membangun ekonomi kreatif di bidang kuliner tersebut.



Baca penjelasannya:

1. Man
M yang pertama berasal dari kata Man yang berarti orang. Dalam membangun ide tersebut tahap pertama diperlukan sebuah pertanyaan. Siapakah orangnya? Setelah menentukan orang dan pelaku usaha merupakan tahap pertama untuk melangkah ke tahapan selanjutnya.

2. Method
M yang kedua berasal dari kata Metode. Metode atau kita lebih mudah untuk memahami adalah CARA. Bagaimana cara kita untuk membuat sebuah ekonomi kreatif yang bisa diterima dengan segala keadaan dan keterbatasan. Namun, bukan berarti menjadikan kita tidak bisa berbuat apa-apa. Semua itu karena ketika kita tidak merealisasikan Cara itu kedalam konsep. Artinya itu hanya termasuk sebuah wacana. Bisa dibilang masih pepesan kosong.

3. Material
M yang Ketiga ini merupakan tahapan implementasi dari Cara yang terkonsep. Kebutuhan apa saja perlu dimasukkan menjadi skala prioritas dalam membangun usaha ekonomi kreatif. Ketika usaha ekonomi kreatif itu berupa kuliner. Pastinya dibutuhkan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan tersebut. Serta konsep berupa menu kuliner yang telah terencana dengan baik. Mulai dari menu apa saja dan bahan pembuatan yang dibutuhkan.

4. Money
M yang keempat ini sudah dimiliki TEBOTOP dari usaha papan bunganya TEBOTOP florist dan TEBOTOP ART yang masih berkembang. Melalui dana kas yang ada akan dicoba memfasilitasi kebutuhan akan dana dari ekonomi kreatif di bidang kuliner tersebut. Seperti benang yang terjalin satu sama lain. TEBOTOP terus membuka peluang-peluang yang ada setidaknya memberikan pada pemuda-pemuda TEBO yang mau berusaha untuk meningkatkan percaya dirinya tanpa perlu menjadi peminta-minta di rumahnya sendiri.

Itulah 4M yang menjadi arahan dan masukan penting bagi TEBOTOP untuk terus membangun TEBO dengan kemandirian dalam dunia persaingan yang semakin tinggi. Setidaknya kami adalah bagian kecil yang berusaha mengambil sedikit peran yang bisa dirasakan oleh sekitar maupun masyarakat Tebo secara umum.

Selain Itu ada M terakhir yang kami dapati dari Bapak Yudha Pranata. Sebuah rasa malu yang berubah menjadi sebuah kata berasal dari Huruf M yaitu MOTIVASI. Apa yang menjadi masukan dan arahannya tersebut kami lengkapi dengan Motivasi untuk terus bergerak dan mencoba hal-hal baru dalam menjadikan TEBO MAKIN TOP melalui TEBOTOP.

Kami Tunggu nanti kehadirannya di sekre untuk menikmati sajian dari kami. Selain itu, menjadikan sekre tempat interaksi bagi kalian masyarakat dan pemuda-pemudi yang akan membangun negeri.

Jangan lupa Tunggu Peresmian ekonomi kreatif Kuliner TEBOTOP yaaa…
Coming Soon.

Salam dari kami, 04 April 2019 Dari: //TTM TEBOTOP//

No comments:

Post a Comment