""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Thursday, April 30, 2020

7 TUJUH Cara Rangkaian Sahur Sehat Dan Makanannya Saat Ibadah Puasa Bulan Ramadhan

Top Top Top
Tebo Makin Top

Pertama Kali Kami Tebo Top Ucapkan Selamat Menjalankan Ibadah di Bulan Ramadhan 1441 H. Ibadah utamanya yaitu Puasa selama satu bulan. Pastinya anda semua punya tips dan trik selama beribadah puasa di bulan penuh rahmat dan barokah ini.

Awal pertama ibadah puasa di bulan Ramadan memang penuh dengan tantangan. Apalagi tahun 2020 ini kita semua di hadapkan dengan pandemi Virus corona. Mari kita lupakan sejenak dan terus menjaga diri dengan aturan yang sudah dihimbau oleh pemerintah untuk kita laksanakan.

Ada beberapa hal terkait dengan cara sahur sehat ala Tebo Top. Berikut penjelasannya.



1. Sahurlah di Akhir waktu.
Saat ini bagi anda seringkali muncul di beranda tentang sahurnya Ala Nabi Muhammad S.A.W yang dengan rentang durasi  bacaan 50 ayat Al-Quran. Lebih mudahnya, Sahur di bulan puasa atau Saat hendak sahur adalah sekitaran kurang lebih jam 04.00 dini hari atau sekitar satu jam 45-60 menit sebelum waktu masuk Adzan Subuh.

Selain itu ada surah yang menyebutkan tentang waktu sahur yaitu Terdapat dalam Al-Quran, yang berbunyi. “Dan makan minumlah kamu hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.” (QS Al-Baqarah [2] : 187).

Dengan Kata lain Imsak sebagai Penanda batas sahur untuk mengingatkan kita siap-siap beribadah Subuh. Bukan Menjadi Tanda kita berhenti untuk sahur. Artinya setelah Imsak kita masih boleh untuk menyelesaikan kegiatan Sahur sampai dengan ADZAN Subuh. Saat Adzan Berkumandang utamanya kita tidak lagi makan atau minum.

Dengan Sahur di Akhir waktu banyak manfaat yang akan kita peroleh. Salah satunya kita bisa bersiap-siap melaksanakan ibadah Sholat subuh dan Aktivitas Lainnya.

2. Hindari makanan pedas

Memang Rasa Pedas memberikan selera tersendiri untuk sebagian dari kita dalam menjalankan ibadah Sahur. Namun, Ada baiknya kita saat beribadah di bulan puasa atau hendak berpuasa menghindari makanan dengan rasa pedas. Semua itu dikarenakan, Makanan pedas beresiko meningkatkan asam lambung dan bisa mengganggu organ pencernaan, menimbulkan penyakit Maag dan menyebabkan Ibadah Puasa Kita akan Terganggu. Lebih baik kita hindari makanan Pedas saat sahur dan makan minumlah dengan yang Manis. Semoga kehidupan kita juga menjadi manis yang merupakan buah dari Ibadah kita selama di bulan Ramadan.

3. Kurangi makanan berminyak dan bersantan

Selain makanan pedas, makanan yang kita harus kurangi adalah makanan dengan Minyak yang berlebih atrau bersantan. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi dua makanan tersebut saat sahur. Alhasil kita semua akan cepat merasakan haus. Akibatnya bisa saja puasa kita akan terganggu dan tersiksa dengan rasa dahaga yang datang begitu cepat padahal anda tidak beraktivitas berat. Jangan sampai puasa anda Bolong hanya di karenakan ingin minum di sebabkan terlalu banyak makan makanan berminyak dan bersantan di waktu Sahur.



4. Makanlah Kurma Jika ada

Jaman NOW atau dalam Bahasa Jawanya Nang Omah Wae/ Dirumah Aja, yang kekinian tidak juga menjadikan kita untuk bingung dalam bersahur. Salah satu buah yang banyak beredar saat Bulan puasa adalah Kurma. Buah Kurma menjadi begitu identik di Indonesia sebagai makanan yang wajib ada untuk sebagian dari kita yang diberikan kecukupan. Banyak dari saudara kita yang mungkin tidak mengkonsumsi kurma bukan karena tidak mau. Melainkan kesulitan ekonominya yang tak mampu untuk membeli kurma.

Bagi anda yang punya kurma di atas meja makan anda di saat sahur. Bersyukurlah dengan nikmat yang anda bisa rasakan dengan banyak keutamaan dan manfaat dari buah kurma tersebut. Salah satu yang menjadi promosi pedagang kurma dalam bulan puasa ini.

Tahukah anda? begitu banyak manfaat yang diberikan buah kurma untuk tubuh. Pastinya dengan makan buah kurma akan memberikan energi saat menjalani ibadah di bulan Puasa. Makan buah kurma yang baik adalah dengan konsumsi ganjil 1,3, 5 atau 7 seperti kebiasaan yang dilakukan Rasulullah SAW.  Ingat, jangan di konsumsi berlebihan, sesuatu yang berlebihan itu Mubazir dan tidak baik.

Semoga kita semua diberikan nikmat dan rejeki. Serta bisa menikmati Buah kurma di saat Sahur.

5. Kurangi Minuman bersoda dan Bercaffein, Cukupi kebutuhan minum Air Putih

Serupa dan tak sama terkait dengan apa yang kita konsumsi di saat sahur pada tulisan di atas. Selain makanan kita juga sebaiknya mengurangi minuman yang bersoda dan Minuman bercaffein seperti Kopi atau teh. Jika kandungan Caffein terlalu banyak akan menimbulkan rasa haus. selanjutnya, jika minum minuman bersoda pun serupa.

Saat Sahur cukupi dengan minum air putih secukupnya sebagai persiapan kita menjalani ibadah puasa sehari penuh. Segelas sebelum makan sahur, Sesudah makan sahur satu gelas, dan di tutup dengan satu gelas menjelang berakhirnya waktu sahur. Mudah kan, Anda bisa merasakan sendiri kecukupan minum air putih saat sahur. Ingat, Jangan Berlebihan nanti kembung oleh air. Cukupi air putih untuk Sahur yang sehat. Sebagai penutup ada baiknya segelas air putih hangat. Ini cara ampuh untuk menjaga kita dari rasa haus setelah Sahur.

6. Habis sahur jangan langsung Tidur

Setelah itu semua. Untuk Anda habis makan sahur. Jangan langsung kembali ke tempat tidur. Perut yang terisi dan kita langsung tidur merupakan sebuah kebiasaan buruk yang bisa berdampak pada puasa anda. bisa saja anda bangun dan lupa kalau hari ini anda sedang puasa.

7. Isi dengan kegiatan dan Ibadah di awal pagi


Sebagai penutup, Setelah makan sahur. Jadikan Awal pagi sebagai bentuk diri kita memulai banyak ibadah setelah bersahur. Sholat subuh, membaca al-quran dan beraktivitas ringan untuk memulai hari yang penuh dengan keberkahan dikarenakan Ibadah puasa yang di jalani.





Tujuh Cara di Atas bisa jadi pilihan anda untuk Sahur Sehat. Semoga dengan doa dan ibadah kita bersama Pandemi Corona ini berakhir dan kita semua dapat dipertemukan kembali melalui kegiatan berjamaah di masjid-masjid. Serta beraktivitas seperti biasa tanpa harus di hantui rasa khawatir akan penyebaran virus yang terbilang cukup cepat ini.

Jadikan doa-doa kita semua sebagai senjata terbaik melawan Corona di bulan Ramadan ini. Tetap jaga jarak, di rumah saja dan tetap sehat. Semangat.

Salam Dari kami
TEBO TOP

TOP TOP TOP
TEBO MAKIN TOP

By: TEBO TOP MULTIMEDIA

No comments:

Post a Comment