""

Tebo Top

Wadah Bagi Komunitas dan Masyarakat di Kabupaten Tebo dengan 4 aspek yaitu; Agama, sosial, seni dan budaya serta Ekonomi Kreatif

Breaking


Thursday, April 13, 2023

Buka Bersama Penuh Khidmat, Ini Pesan Ketua TEBOTOP

Suasana Buka Bersama TEBOTOP dan MMC OUTSIDERS


Alhamdulillah, Rabu (12/04/2023) malam Ramadhan 1444 H pukul 18.17 WIB bertempat di Pondok Makwo Lena, Founder TEBOTOP melaksanakan Buka Bersama.


Kegiatan buka bersama ini menjadi lebih spesial dengan hadirnya kawan-kawan dari Club Motor MMC Ousiders, dimana salah satu membernya bang Andri juga merupakan Founder TEBOTOP.


Salam satu aspal brother, Outsiders Forever Forever Outsiders.


Semoga Ibadah puasa yang kita laksanakan dibulan ini dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, menjadikan madrasah untuk kita saling introspeksi diri.


Pilihan yang tepat di Pondok Makwo Lena, dimana tempatnya diseberang Masjid Jami' Assa'adah, jadi kita bisa melaksanakan sholat Magrib berjamaah di Masjid.


Usai makan, Ketua TEBOTOP sempat menghubungi salah satu Pembina TEBOTOP dan juga beliau yang bikin nama TEBOTOP, dimana saat ini beliau menjadi Kapolres Nagekeo.


Salam rindu untuk saudara kami, bang Yudha Pranata.


Semoga sehat, dan makin TOP!


Selanjutnya, buka bersama kita tidak begitu lama, dan obrolan kita juga tidak terlalu panjang dan lebar, selain adanya handpone yang telah menjauhkan disaat kita sedang dekat. Juga waktu sholat isya, tarawih dan witir yang juga sudah dekat.


Namun menjelang bubaran, ada sedikit kalimat pembuka sekaligus penutup dari Ketua TEBOTOP Fajrian Idris yang lebih akrab dengan panggilan Bg Boi.


Dia menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Founder TEBOTOP dan juga brother dari MMC Outsiders.


Selanjutnya kalimat Pamungkas dibulan Baik ini disampaikannya.


"Jangan Ada Dengki Diantara Kita" kata Bg Boi.


Jika orang banyak bilang "Jangan ada dusta diantara kita". Bang Boi mengatakan dengan penuh semangat yang tersirat "Jangan Ada Dengki Diantara Kita".


Kalimat singkat Jelas & Padat ini sangat penting ya. Apalagi dibulan nan barokah ini, jangan jadikan puasa kita diisi dengan kedengkian.


Mengutip dari laman mui.or.id, dengki dilarang didalam Islam kecuali terhadap beberapa Golongan.


Siapa saja Golongan itu??


Dalam hadits riwayat Abdullah bin Mas’ud, ada dua dengki yang diperbolehkan. Dia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 

لَا حَسَدَ إِلَّا فِي اثْنَتَيْنِ رَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ مَالًا فَسَلَّطَهُ عَلَى هَلَكَتِهِ فِي الْحَقِّ وَآخَرُ آتَاهُ اللَّهُ حِكْمَةً فَهُوَ يَقْضِي بِهَا وَيُعَلِّمُهَا


Tidak boleh dengki kecuali dalam dua hal: (kepada) seorang yang Allah berikan harta, lantas ia pergunakan harta tersebut di jalan kebenaran (ketaatan) dan seorang yang Allah berikan hikmah (ilmu), lalu ia mengamalkan dan mengajarkannya kepada orang lain.” (HR Bukhari no 1409 dan Muslim no 1352)


Dalam hadits lain, sahabat Abdullah bin Umar radhiyallahu anhuma pun pernah meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda:

 

لَا حَسَدَ إِلَّا فِي اثْنَتَيْنِ رَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ الْقُرْآنَ فَهُوَ يَقُومُ بِهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَآنَاءَ النَّهَارِ وَرَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ مَالًا فَهُوَ يُنْفِقُهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَآنَاءَ النَّهَارِ

 

“Tidak boleh dengki kecuali dalam dua hal: (pertama) kepada seorang yang telah diberikan Allah (hafalan) Alquran lalu ia membacanya siang dan malam, (kedua) kepada seorang yang dikaruniai Allah harta kekayaan, lalu ia menginfakkan harta itu di jalan Allah siang dan malam.” (HR Bukhari no 7529 dan Muslim no 1350)


Lalu, Bagaimana sih Pendengki itu?


Pendengki biasanya tidak senang ketika melihat teman, kerabat, atau tetangganya mendapatkan kebahagiaan atau kesuksesan. Mereka ingin kenikmatan yang dimiliki orang lain itu berpindah kepada dirinya.


Sering kali rasa dengki lahir karena merasa dirinya lebih mulia dibandingkan orang lain. Layaknya iblis yang dengki dan enggan sujud kepada Nabi Adam. Iblis merasa dirinya lebih mulia dari Adam, sebab Adam diciptakan Allah SWT dari tanah, sedangkan iblis dari api. Maka terkutuklah iblis karena kedengkian dan kedurhakaannya itu.


Selanjutnya, kita bubaran menjelang azan isya berkumandang.


Semoga pertemuan singkat kita dan pesan dari Ketua TEBOTOP melekat disanubari kita semua.


Dan dengki yang diperbolehkan menjadi pelajaran untuk kita.


Sekian.


Salam dari kami


Top Top Top Tebo Makin Top!


No comments:

Post a Comment